Dalang asal Inggris hibur warga Cirebon

Dalang asal Inggris hibur warga Cirebon

Perajin menyelesaikan pembuatan wayang kulit di desa Gadingan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (9/4). Kerajinan wayang yang dijual dengan harga Rp500 ribu - Rp5 juta tersebut diminati para kolektor dari dalam maupun luar negeri.(ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Cirebon (ANTARA News) - Dalang wayang kulit asal Inggris Prof Matthew Issac Cohen menghibur warga Cirebon dalam pentas "Wayang Kulit Keliling Pantura" yang berlangsung sejak 27 Juli hingga 10 Agustus.

Pada Rabu malam, Matthew beserta rombongan okestra gamelannya tampil di Alun-alun Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dalang yang juga sejarawan tersebut membawakan karakter-karakter dari epos Mahabrata dengan jalan cerita yang disesuaikan kondisi saat ini.

Dalam pentas keliling pantura kali ini dia memilih untuk mengangkat isu pendidikan, salah satu ceritanya mengenai perlunya kesetaraan pendidikan antara laki-laki dan perempuan.

Dalang yang telah menekuni seni wayang selama 30 tahun tersebut membawakan seluruh cerita dalam Bahasa Cirebon secara fasih.

Diiringi suara gamelan, tangannya lentur memainkan setiap wayang dengan penuh penghayatan.

Penampilan malam itu dipadari masyarakat. Mereka berdiri ramai mengelilingi panggung tersebut untuk menikmati pementasan yang dimulai pada 21.30 WIB.

Setelah tampil di Alun-alun Palimanan, Cohen akan tampil di Keraton Kacirebonan pada 3 Agustus 2018.

Baca juga: Matthew Issac Cohen dalangi "Begawan Mintaraga" di British Museum
 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar