masih belajar jadi bapak dan ibu, masih diajari suster cara menggendong, memandikan dan lainnya
Jakarta (ANTARA News) - Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dan suaminya Bobby Afif Nasution kompak mengasuh putri pertama mereka Sedah Mirah Nasution yang baru berusia dua hari.

"Saya bangun, Bobby bangun, enggak mungkin gantian nyusuin, anaknya tidur kami juga tidur," kata Kahiyang di RS YPK Menteng, Jakarta Pusat, Jumat.

Kahiyang melahirkan anak perempuan dengan berat badan 3,4 kg dan panjang 49 cm pada Rabu (1/8) pukul 05.50 WIB di Rumah Sakit YPK Mandiri, Menteng, Jakarta Pusat. 

Cucu kedua Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu dinamai Sedah Mirah Nasution, yang artinya putri yang menawan, solehah dan dermawan bagi orang-orang di sekitarnya.

Saat mengumumkan nama putrinya, Kahiyang mengatakan, "Saya sudah sehat, sudah bisa jalan keluar, sudah bisa jalan-jalan di kamar tapi ya kalau terlalu banyak jalan ya kena marah dokter juga."

Bobby mengatakan dia dan Kahiyang masih belajar menggendong dan memandikan Sedah Mirah.

"Sebenarnya kalau dari medis diperbolehkan (pulang) tapi karena masih belajar jadi bapak dan ibu, masih diajari suster cara menggendong, memandikan dan lainnya," kata Bobby.
 
Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu mengumumkan nama putri mereka yaitu Sedah Mirah Nasution di RS YPK Mandiri, Jakarta, Jumat (3/8)


Kahiyang dan Bobby mengumumkan nama putri mereka didampingi dengan abangnya Gibran Rakabuming serta istrinya Selvi Ananda dan anak mereka, Jan Ethes Srinarendra. Ada juga kakak Bobby, Poppy Nasution dan anaknya. Sementara Sedah Mirah tidur di dalam kotak transparan di ruangan tempat mereka memberikan keterangan kepada pers.

Direktur Medik dan Perawatan RS YPK Mandiri Yusfa Rasyid SpoG mengatakan bahwa kondisi Sedah Mirah sehat.

"Kita menghitung (usianya) dua hari, 24 jam pasca operasi hari ini adalah hari kedua. Kondisinya baik, baby-nya ada di dalam box karena kita pindahkan dari atas ke bawah, keluarga minta di dalam agar nyaman, bayinya baik sehat," kata Yusfa.

Menurut Yusfa, Kahiyang dapat pulang pada hari ketiga setelah operasi.

"Biasanya kalau persalinan ceasar dan spontan sama saja tiga hari, jadi kalau (lahir) hari Rabu, maka paling cepat Sabtu atau Minggu juga boleh pulang karena kadang-kadang ibunya udah tidak ada masalah, tapi bayinya hari ketiga kuning, secara psikologis pasangan baru jadi cemas, cari lagi dokternya, jadi kita lihat tiga hari baik untuk lahir normal maupun ceasar, mau ditambah juga tidak masalah," jelas Yusfa.

Yusfa mengatakan sebagaimana pasangan muda lainnya, Kahiyang dan Bobby masih belum terbiasa merawat bayi.

"Semua pasangan muda seperti itu, bayi itu sangat liat dan kuat tapi pasangan baru pasti takut dan 'deg-degan', memang harus banyak belajar untuk terbiasa gendong, menyusui, memandikan," tambah Yusfa.
 

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018