Mekkah, Arab Saudi (ANTARA News) - Pengelola Masjidil Haram menyediakan khotbah shalat Jumat versi bahasa Indonesia dan jamaah Indonesia bisa menyimaknya melalui siaran radio-radio lokal di sana.

Di Masjidil Haram azan pertama untuk shalat Jumat berkumandang pukul 11.55 waktu Arab Saudi (WAS) disusul azan kedua pukul 12.24 WAS. Khotbah Jumat utama yang disampaikan khatib dalam Bahasa Arab selesai pukul 12.46 WIB.

Siaran khotbah dalam bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia, disiarkan oleh radio lokal. Siaran khotbah berbahasa Indonesia antara lain bisa disimak lewat 90.5 FM. Sedang khotbah dalam bahasa Urdu ada di saluran 90.2 FM.

Jamaah hanya perlu earphone dan perangkat radio atau ponsel berfitur radio lalu memilih gelombang radio dan khotbah dalam versi bahasa yang mereka kehendaki untuk menyimaknya.

Khutbah Jumat yang disampaikan dalam ceramah pertama kali ini tentang mengingat kebesaran Allah, keimanan dan ketakwaan. Dalam khotbah kedua, khatib membahas soal haji, terutama mengenai wukuf di Padang Arafah.

Kendati fasilitas khotbah multibahasa tersedia, tidak banyak jamaah Masjidil Haram yang terlihat menggunakan fitur itu.

Baca juga: Laporan dari Mekkah - Jumatan di Masjidil Haram
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018