Bagi para siswa, wawasan wirausaha ini merupakan sesuatu yang baru, karena di sekolah mereka belum tentu menerima materi tentang ini. Malalui Program Siswa Mengenal Nusantara ini, mereka bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan untuk diterapkan ke dep
Pangkalpinang, (ANTARA News) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara 2018 asal Palu, Sulawesi Tengah belajar wawasan kewirausahaan di Rumah Kreatif BUMN Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (13/8).

Pimpinan Rombongan Siswa Mengenal Nusantara asal Sulawesi Tengah, Hermawan, di Pangkalpinang, Senin (13/8), mengatakan salah satu materi SMN yang akan dipelajari yaitu wawasan kewirausahaan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha mereka.

"Pemberian materi ini dilaksanakan di Rumah Kreatif BUMN karena tempat ini menghimpun berbagai mitra binaan BNI yang menjual produk UMKM. Di tempat ini para siswa bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan para pelaku UMKM," katanya.

Dengan mempelajari wawasan kewirausahaan, para peserta SMN diharapkan bisa memahami bahwa hobi maupun keterampilan mereka bisa dijadikan peluang untuk menjadi suatu wirausaha.

"Tadi dalam penyampaian materi juga sangat lengkap mulai dari tingkat ketelitian dalam pembuatan produk, desain, modal usaha, dan lain sebagainnya, sehingga anak-anak ini bisa mengerti bagaimana menghargai suatu hasil karya orang lain di samping menumbuhkan jiwa pengusaha yang mereka miliki," katanya.

Dalam kegiatan itu, para pesera SMN dibangkitkan semangatnya untuk menjadi seorang wirausaha, serta menumbuhkan wawasan wirausahanya supaya hobi mereka bisa dijadikan sarana menjadi pengusaha.

"Bagi para siswa, wawasan wirausaha ini merupakan sesuatu yang baru, karena di sekolah mereka belum tentu menerima materi tentang ini. Malalui Program Siswa Mengenal Nusantara ini, mereka bisa mendapatkan pengalaman dan wawasan untuk diterapkan ke depannya," ujarnya.*

Baca juga: Weku senang jadi orang tua asuh SMN 2018

Baca juga: Peserta SMN NTT kunjungi SMA IX Manado

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018