Jakarta (ANTARA News) - Satuan Tugas Kesehatan (Satgaskes) TNI dan Polri menyiagakan sekitar 105 armada ambulans di sejumlah titik pelaksanaan Asian Games ke-18 tahun 2018, di Jakarta dan Palembang. 

Wakil Asisten Operasi ( Waasops) Panglima TNI Marsma TNI M Khairil Lubis usai mengikuti apel kesiapan Satgas Kesehatan TNI-Polri, di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, mengatakan Satgas Kesehatan TNI-Polri menyiagakan 80 mobil ambulans yang berada di Jakarta dan sekitarnya, serta 25 mobil ambulans di Palembang, Sumatera Selatan

"Kita juga menyiagakan empat helikopter di Jakarta," kata Khairil. 

Menurut dia, setiap ambulans terdapat 3-4 personil TNI-Polri yang siap menjaga di ring dua dan tiga atau di luar venue pertandingan.

"Kita lebih pengamanan di luar itu, apakah masyarakat umum, penonton, penyelenggara yang kemungkinan saja ada hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Dari titik-titik itulah kita bergerak," ujarnya. 

Dalam apel kesiapan Satgaskes itu, Wasekjen INASGOC Dendi T Danianto yang menjadi inspektur upacara, mengatakan, bidang kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam perhelatan Asian Games ini. 

Sehingga, dirinya percaya keterlibatan pemerintah serta TNI-Polri bisa mendukung kesempurnaan pelaksanaan Asian Games.

"Salah satu yang penting adalah bidang kesehatan yang telah dipersiapkan memberikan dukungannya dalam upaya mengantisipasi kejadian-kejadian yang membutuhkan penanganan medis secara cepat dan akurat dengan peralatan sesuai prosedur kegawatdaruratan yang ada," jelas Dendi.

Ia menambahkan kesiapsiagaan Satgas Kesehatan ini perlu dilakukan agar masyarakat luar negeri yang datang untuk menyaksikan Asian Games menjadi nyaman.
 
"Dengan kesiapan kita hari ini maka kita telah menunjukan kepada negara-negara kawasan Asia bahwa indonesia mampu menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games yang baik," tuturnya. 

Dalam kesempatan itu, Dendi bersama Wakil Asisten Operasi ( Waasops) Panglima TNI Marsma TNI M Khairil Lubis, Kepala Puskesad Mayjen TNI dr Bambang Dwi Hasto, Kepala Pusdokes Mabes Polri Brigadir Jenderal Dokter Arthur Tampi mengecek peralatan-peralatan medis yang berada di dalam ambulans, baik tabung oksigen maupun perangkat medis lainnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018