Washington (ANTARA News) -  Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan George W. Bush memimpin pelayat pada Sabtu dalam upacara bagi mendiang John McCain, senator Arizona dan pahlawan perang Vietnam, yang usahanya menuju Gedung Putih dikandaskan kedua orang tersebut.

Dalam perjalanan ke Katedral Nasional Washington, iringan salah satu tawanan perang paling terkenal Amerika Serikat itu akan berhenti sejenak di Vietnam Veterans Memorial, tempat istrinya -Cindy McCain- akan meletakkan karangan bunga untuk menghormati yang gugur dalam perang tersebut.

Obama dan Bush, seorang Demokrat dan seorang Republiken, akan diikuti sekumpulan mantan presiden AS, senator dan pejabat masa perang Vietnam dan yang lain guna memberi penghormatan kepada negarawan tersebut, yang wafat 25 Agustus lalu karena kanker otak, beberapa hari setelah ulang tahunnya, yang ke-82.

Presiden Donald Trump secara mencolok tidak menghadiri upacara itu. Trump terlibat dalam pertikaian di depan umum dengan McCain, sesama Republiken, selama tiga tahun terakhir.

Keluarga McCain menjelaskan bahwa Trump tidak hadir dalam upacara mengenang McCain di Arizona dan Washington atau pada upacara pemakaman pribadi di Annapolis, Maryland, di Akademi Angkatan Laut AS. McCain adalah anggota Kelas Academy itu pada 1958.

McCain, yang naik pangkat jadi kapten di AL Amerika Serikat, menjadi tawanan hingga 1973 setelah pesawatnya ditembak jatuh di Hanoi ketika melakukan pengeboman pada 1967. Selama di penjara itu, yang diberi nama orang Amerika Serikat "Hilton Hanoi", ia disiksa tentara Vietnam Utara.

Editor: M.Anthoni/R. Nasution

Pewarta: Antara
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018