Jakarta (ANTARA News) - Sega, dalam presentasinya pada event PAX West, mengumumkan akan merilis "Valkyria Chronicles" pertama untuk Nintendo Switch di negara-negara Barat pada 16 Oktober.

Dilansir Animenewsnetwork, Minggu (2/9), game ini akan dirilis untuk konsol Switch pada 27 September di Jepang. Peluncuran itu bersamaan dengan rilis "Valkyria Chronicles 4" untuk konsol tersebut di negeri sakura.

"Valkyria Chronicles 4" akan dirilis pada 25 September di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. Game ini juga akan tersedia untuk platform PS4, Xbox One dan PC via Steam.

Sega menyatakan bahwa peluncuran "Valkyria Chronicles" di Switch secara resmi bukan versi remaster yang telah dirilis untuk PS4 pada awal tahun ini.

"Valkyria Chronicles" pertama berlatar kawasan Eropa fiksi tahun 1930-an. Dalam game itu, sebuah negara bernama Empire menginvasi negara netral yang dikenal sebagai Gallia demi merebut sumber daya alamnya.

"Valkyria Chronicles" sendiri berfokus pada sekelompok prajurit dari Squad 7, peleton milisi wajib militer Gallia, yang melawan balik invasi Empire. Sedangkan game kedua dan ketiga dari seri berfokus pada unit militer Gallia yang berbeda.

Sega pertama kali merilis "Valkyria Chronicles" untuk PS3 di Jepang, Eropa dan Amerika Utara pada 2008. Sedangkan "Valkyria Chronicles II" diriis perdana untuk PSP pada 2010 dan sekuelnya "Valkyria Chronicles III" diluncurkan pertama kali pada 2011, namun sayangnya kedua game ini tidak pernah dirilis di negara-negara Barat.

Sega juga pernah merilis "Valkyria Chronicles" untuk PC pada November 2014.

"Valkyria Chronicles Remastered" dirilis untuk PS4 di Jepang pada 10 Februari. Game itu kemudian diluncurkan untuk PS4 di Amerika dan Eropa pada 17 Mei.

Game pertama dari seri ini juga diadaptasi menjadi anime sebanyak 26 episode oleh A-1 Pictures pada 2009. Sedangkan "Valkyria Chronicles III" diadaptasi menjadi dua episode original video animation pada 2011.  
 

Penerjemah: Aji Cakti
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018