Yogyakarta (ANTARA News) - Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Devy Suradji mengatakan perempuan berperan penting dalam mengembangkan suatu daerah menjadi tujuan wisata di Indonesia.

"Saya yakin para ibu lebih mengerti potensi di daerah imasing-masing karena Indonesia tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga kekayaan budaya," kata Devy  dalam salah satu sesi Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional (ICW) ke-35 dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan di Yogyakarta, Kamis (13/9).

Sebagai BUMN yang bertugas mengelola bandara, Devy mengatakan Angkasa Pura tidak hanya berusaha membangun pelabuhan udara untuk meningkatkan konektivitas antarpulau, tetapi juga membangun destinasi wisata.

Dari sisi Angkasa Pura, Devi mengatakan pihaknya terus meningkatkan fasilitas dan pelayanan di bandara untuk membuat para penumpang dan pelancong merasa nyaman sejak mendarat di suatu daerah.

"Membangun bandara adalah satu langkah untuk membangun destinasi, jadi ada keberlanjutan bagi pembangunan dan perekonomian daerah," kata dia.

Menurut Devy, bila penumpang merasa nyaman, dia akan merasa senang saat keluar bandara dan malakukan kunjungan dengan gembira.

"Kalau sudah begitu, orang juga akan 'happy' untuk 'explore' daerah ibu, belanja produk-produk yang ibu buat, dan mencicipi kuliner yang ibu masak," kata dia.

Untuk mendorong peningkatan jumlah kedatangan di suatu tujuan wisata, Devy mengatakan Angkasa Pura bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan, termasuk memberikan insentif bagi maskapai yang memiliki rute penerbangan ke suatu daerah.

"Kita sampai lakukan itu karena jika penumpang datang, ekonomi bergerak dan masyarakat dapat tumbuh," kata dia.

Devy menjadi salah satu pembicara bersama empat perempuan anggota dewan direksi BUMN lainnya, yakni Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Lana Winayanti, Direktur Utama Indonesia Power Sri Peni Inten Cahyani, Direktur Utama PT ASDP Ira Puspadewi, dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati. 

Diskusi panel dengan tema "Akses pada Energi dan Infratruktur Dasar sebagai Parameter Pembangunan Daerah Terdepan, Tertinggal dan Terluar" merupakan salah satu sesi dalam Sidang Umum ICW ke-35 dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta, 13-18 September 2018. 

(T.A060)

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2018