Lebih dari 1.600 peserta telah menambahkan atau memperbarui setidaknya 4.000 artikel Wikipedia tentang wanita berpengaruh dalam lebih dari 30 bahasa yang berbeda.
Padang, (ANTARA News) - Kedutaan Swedia untuk Indonesia, bersama Wikimedia Indonesia menyelenggarakan acara WikiGap di Padang dalam rangka menjaring kontributor perempuan untuk menulis lebih banyak artikel tentang perempuan dan bahasa Indonesia dan Minang.

Kepala Bagian Perdagangan dan Promosi di Kedutaan Swedia untuk Indonesia Linda Backteman di Padang, Senin, mengatakan kegiatan ini diikuti 30 peserta wanita dari Padang yang akan berpartisipasi dalam mengisi tulisan untuk Wikipedia.

Ia menyampaikan Wikipedia merupakan ensiklopedia daring terbesar di dunia yang disunting oleh penggunanya dengan hampir 50 juta artikel.

Namun, jumlah kontributor perempuan jauh lebih sedikit dari jumlah kontributor laki-laki, dan artikel tentang laki-laki empat kali lebih banyak dari artikel perempuan, ujarnya.

Tidak hanya itu, Indonesia memiliki 700 bahasa daerah, tapi hanya sembilan yang dipakai di Wikipedia, salah satunya adalah Bahasa Minang.

Mengingat Padang memiliki sistem kekerabatan matrilineal yang kuat, komunitas Padang diharapkan bisa menjadi pelopor dalam menutup kesenjangan gender, dan bisa mempengaruhi komunitas lain di Indonesia untuk sadar akan adanya kesenjangan gender di internet, kata dia.

Hingga kini, ada 200.000 artikel dalam bahasa Minang, dan WikiGap Padang bertujuan untuk mendorong para kontributor wanita supaya lebih aktif menulis artikel terutama tentang wanita dalam bahasa Indonesia dan Minang.

Linda mengungkapkan WikiGap Padang merupakan kelanjutan dari WikiGap Yogyakarta yang berhasil menambah jumlah artikel tentang wanita setidaknya 30 artikel.?

"Kami ingin mencapai lebih dari itu, melihat kedinamisan dari teman-teman di komunitas Wikipedia Bahasa Minang, dan kami percaya dengan adanya kerja sama ini, kami bisa mencapai tujuan dalam mengurangi kesenjangan dalam kesetaraan gender, terutama di Indonesia," katanya.

Ia menyampaikan kesetaraan gender selalu menjadi salah satu prioritas utama Swedia, tapi wanita yang berada di posisi berpengaruh masih kurang terwakili di semua area dalam masyarakat.

"Kami ingin turut serta mengatasi isu ini bahkan dari suatu hal yang kecil," ujarnya.

Swedia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan kebijakan luar negeri feminis pada Oktober 2014. Kampanye WikiGap merupakan bagian dari kebijakan luar negeri feminis Swedia, yang berasal dari keinginan untuk menguatkan hak, perwakilan, dan sumber daya wanita dan perempuan,

"Sampai saat ini sebanyak 50 negara sudah berpartisipasi dalam WikiGap. Lebih dari 1.600 peserta telah menambahkan atau memperbarui setidaknya 4.000 artikel Wikipedia tentang wanita berpengaruh dalam lebih dari 30 bahasa yang berbeda," katanya.*

Baca juga: Wikipedia ditutup di sebagian Eropa terkait protes UU

 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018