Jakarta (ANTARA News) - Maskot Asian Para Games 2018 bernama Momo, akan berparade dalam acara hari bebas kendaraan di sekitaran Monas, Jakarta, pada tanggal 23 September 2018 mendatang dengan menempuh rute sekitar tiga kilometer.

"Parade Momo yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2018 mendatang dengan rute sepanjang tiga kilometer, dimulai start dari Pintu Barat Daya Monas menuju Jalan MH Thamrin hingga finis di Pintu Monas Barat Laut," kata Wakil Ketua panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Sylviana Murni dalam pesan singkatnya di Jakarta, Senin.

Hal tersebut, kata Sylviana, sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat luas yang tujuannya tak lain adalah untuk menyukseskan Asian Para Games 2018 sehingga, gelaran perhelatan olahraga terakbar penyandang disabilitas se-Asia tersebut dapat dinikmati oleh seluruh dunia.

Sebagai langkah untuk menyukseskan perhelatan yang jatuh pada 6-13 Oktober 2018 ini juga, pihak INAPGOC menggelar rapat koordinasi pelaksanaan perhelatan Asian Para Games 2018, dengan lima pemerintah kota yang ada di DKI Jakarta termasuk dengan Pemerintah Jakarta Timur pada Senin ini yang dihadiri oleh Sekretaris Kota Jakarta Timur Usmayadi, Para Asisten, serta para SKPD/UKPD di lingkungan Kota Jakarta Timur.

Selain menjabarkan rencana parade maskot Momo, dalam rapat itu, INAPGOC juga membahas seputar  penyelenggaraan Kirab Obor (Torch Relay) yang akan dilaksanakan pada delapan kota di Indonesia yang berakhir di Jakarta 30 September 2018 mendatang yang akan diadakan pada lima wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta.

"Selain itu tadi juga membahas mengenai Kampung Branding, kegiatan mendekorasi kampung di wilayah masing-masing dengan mengkombinasikan dekorasi Asian Para Games 2018 yang nantinya akan dilakukan penilaian pada 18 September 2018. Terakhir membahas mengenai memperindah lahan hijau dan sarana di wilayah dengan berbagai seni lampu yang menarik," ujar dia.

Dengan berbagai usaha dan pelibatan pihak-pihak terkait tersebut, INAPGOC terus berupaya agar perhelatan Asian Para Games 2018 ini menjadi ajang kebangkitan bagi para penyandang disabilitas ditingkat dunia.

"Dengan itu, kami yakini Indonesia akan kembali mengulang kesuksesan Asian Games 2018 lalu. Kami berharap melalui dukungan dari seluruh masyarakat para atlet disabilitas Indonesia mampu meraih prestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa katanya," ujar dia.
 
Ditambahkan Sylviana Murni, pada pesta olahraga para atlet difabel se-Asia ini, akan memperlombakan sebanyak 18 cabang olahraga yang akan digelar di 19 arena pertandingan di Jakarta.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018