Silahkan perkenalkan diri Bu, tapi jangan minta sepeda ya ...
Padang (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengagumi sosok wanita pengusaha yang mampu mengekspor produk usahanya hingga ke luar negeri .

Saat membuka Rapat Kerja Nasional Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) di Padang, Senin, Presiden bertanya kepada sekitar 2.000 peserta apakah ada yang sudah memiliki produk usaha telah dipasarkan keluar negeri.

Usai bertanya, seorang wanita menunjuk tangan dan dipersilahkan Presiden maju ke depan untuk berbincang bersamanya.

"Silahkan perkenalkan diri Bu, tapi jangan minta sepeda ya," ucap Presiden yang disambut tawa hadirin.

Kemudian ibu tersebut memperkenalkan diri bernama Leni dari Bojonegoro, Jawa Timur dan punya usaha spa organ intim kewanitaan.

"Produk saya sudah ekspor ke Afrika, Nigeria , Kamerun, Ghana, Korea hingga Filipina," katanya.

Ia pun menceritakan bagaimana memulai usaha dari skala kecil dan memasarkan dari mal ke mal hingga akhirnya memasarkan ke luar negeri dengan nilai produk satu kontainer mencapai 100 ribu dolar Amerika Serikat.

Mendengar hal itu Presiden menanggapi bahwa pasar ekspor terbuka amat luas tidak hanya sebatas Eropa, Amerika Serikat atau Jepang.

"Pasar terbentang luas dan produk kita bisa bersaing dari negara lain dari sisi harga hingga kualitas," kata Jokowi.

Ia mengatakan saat ini neraca perdagangan Tanah Air defisit dan oleh sebab itu kuncinya ada dua yaitu ekspor dan kedua investasi.

"Kuncinya dua itu saja kalau ekspor bisa dinaikan dan investasi tumbuh akan memperbaiki ekonomi, tidak ada yang lain," kata Jokowi.

Baca juga: Presiden resmikan kawasan Pesantren Modern Hamka II
Baca juga: Presiden resmikan pembangunan tol Padang-Pekanbaru



 

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018