Menjadi tempat pamer (show case) kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang Iptek, dan juga tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi
Kabupaten Tangerang (ANTARA News) - Sinar Mas Land menggandeng Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong untuk membangun Galeri Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD, Tangerang

"GIPTI dibangun di atas lahan 15 Hektare akan menjadi tempat pamer (show case) kemajuan inovasi dan juga teknologi terapan terkini, tempat untuk pemberdayaan dan edukasi masyarakat di bidang Iptek, dan juga tempat pemasaran bagi produk-produk UKM dan startup berbasis teknologi." kata CEO Strategic Land Bank Sinar Mas Land, Christopher Siswanto Adisaputro di BSD City, Kabupaten Tangerang, Selasa.

Christoper juga mengatakan, GIPTI juga dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk Iptek dari mitra binaan inkubator bisnis teknologi yang dikembangkan Puspiptek dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Diungkapkan juga pengembangan galeri ini sesuai dengan program pengembangan National Science & Technology Park (N-STP) Puspiptek Serpong.

Sebelumnya, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Muhammad Nasir saat meresmikan proyek ini beberapa waktu lalu mengatakan, GIPTI merupakan proyek hasil kerja sama Puspitek dan Sinar Mas Land yang telah digagas sejak tahun 80-an dalam membangun kawasan technopolis.

"Saat ini, kami mencoba untuk menghidupkan kembali konsep tersebut, dengan dijadikannya Puspiptek-Kemenristek Dikti sebagai N-STP, yang tidak hanya fokus sebagai pusat penelitian dan pengembangan Iptek, namun juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat penumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM industri," ujarnya.

Christopher menyatakan komitmennya untuk mendukung pembangunan galeri ini di BSD City, serta mengharapkan kerja sama ini dapat semakin mendukung pengembangan BSD City yang tengah bertransformasi menjadi kota digital pintar terintegrasi.

BSD sendiri, kata Christoper, sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub yang kedepannya akan menjadi lembah silikon Indonesia. Kehadiran GIPTI juga memperkaya ekosistem BSD City khususnya di sektor teknologi dan riset dan sebagai wadah bakat bagi sejumlah perusahaan yang terdapat di kawasan Digital Hub.

"Saya berharap pengembangan kawasan Digital Hub ini akan menciptakan banyak sekali peluang bagi berbagai pihak lintas sektor, khususnya warga Tangerang dan sekitarnya di bidang pendidikan, riset, usaha, maupun lapangan pekerjaan," ujar dia.

Ditempat terpisah, Kepala Puspiptek Serpong, Sri Setiawati mengatakan, negara-negara maju pasti memiliki Iptek yang maju juga. Pendapatan yang tinggi adalah sebagai dari imbas kerja yang profesional dan efisien yang didukung oleh teknologi yang canggih.

Sri mengungkapkan pengembangan GIPTI sudah sesuai dengan program pengembangan N-STP Puspiptek bahkan industri lintas sektor ini juga telah menandatangani kerjasama kesepakatan kerjasama pembangunan GIPTI yang disaksikan langsung  Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Januari 2018.

"Saat ini, GIPTI dan N-STP Puspiptek didukung oleh ekosistem kawasan BSD City sebagai kota digital pintar terintegrasi yang tentu akan saling menguatkan satu sama lain," ungkap Sri.

Baca juga: Batan mulai bangun iradiator gamma di Serpong

Pewarta: Ganet Dirgantara
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2018