Harus rampung sebelum penyelenggara ajang olahraga nasional PON 2020 di Timika
Timika (ANTARA News) - Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Minyak Gas (PLTMG) Timika, Papua berkapasitas 50 megawatt diproyeksikan akan rampung pada 2020.

Manajer PLN Area Timika Salmon Karet di Timika, Kamis, mengatakan saat ini pihak kontraktor baru melaksanakan pembersihan lahan (land clearing) di kawasan Pelabuhan Paumako, Distrik Mimika Timur.

PLTMG Timika dibangun di atas lahan seluas 12.000 hektare. Kawasan itu sebelumnya merupakan kawasan hutan mangrove yang telah mendapat persetujuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk dipinjam-pakaikan sebagai kawasan industri.

"Setelah semua pekerjaan pembersihan lahan bisa selesai maka barulah mesin PLTMG didatangkan ke Timika untuk dipasang. Melihat progres yang ada, kemungkinan PLTMG Timika baru bisa beroperasi sekitar 2019 bahkan sampai 2020," kata Salmon.

Pada saat bersamaan, Unit Induk Pembangunan (IUP) PT PLN (Persero) tengah menimbun lokasi yang akan dibangun Gardu Induk di kawasan Kelurahan Wonosari Jaya (SP4), Distrik Wania, Timika.

Gardu Induk itu nantinya akan mengelola daya listrik yang dipasok oleh PLTMG di kawasan Pelabuhan Paumako sebelum masuk ke jaringan listrik di Kota Timika.

Ke depan, katanya, juga akan dibangun jaringan transmisi listrik yang menghubungkan PLTMG di kawasan Pelabuhan Paumako menuju Timika yang rencananya akan menggunakan 78 tiang menara.

"Akan ada banyak pekerjaan teknis ke depan. Kami berharap pemerintah daerah dan masyarakat Mimika memberikan dukungan penuh agar semua pekerjaan itu bisa diselesaikan tepat waktu tanpa ada hambatan-hambatan. Ini semua tentu dalam rangka mendukung ketersediaan daya listrik yang semakin memadai di Kota Timika. Apalagi Timika merupakan salah satu tempat penyelenggara ajang olahraga nasional yakni PON 2020," jelas Salmon.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan saat berkunjung ke Timika beberapa waktu lalu menegaskan PLTMG Timika harus beroperasi sebelum 2019.

"PLTMG Timika sebelum 2019 harus sudah jalan," kata Jonan.

Pada tahap awal, PLN akan mengoperasikan PLTMG di kawasan Pelabuhan Paumako dengan kapasitas 10 mega watt.

Selama ini PLN Timika masih mengandalkan pembangkit diesel untuk menyuplai daya listrik di wilayah Timika dan sekitarnya. Kapasitas daya terpasang PLN Timika sebesar 33 megawatt dengan daya mampu hanya sekitar 28 megawatt.

Baca juga: PLN suplai 101 MW ke sistem kelistrikan Palu

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2018