Saya biasanya kan mengajak Kaesang. Mengajak ya biar belajar lapangan, tapi sekarang anaknya sibuk bisnis dan sibuk kuliah, sehingga diajak sulit, ketemu saja sulit banget."
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo mengungkapkan dirinya kerap mengajak cucu pertama dari pasangan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, Jan Ethes Srinarendra, dalam kegiatan kunjungan kerjanya.

"Yang gampang itu ya itu yang kecil. Ya yang kecil itu ya yang Ethes-nya itu. Ya diajak kemana-mana, ya enggak sekolah, ya sudah ajak," jelas Jokowi kepada media usai menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-33 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang pada Rabu.

Presiden menjelaskan biasanya dia sering mengajak putra bungsunya, Kaesang Pangarep, untuk kunjungan kerja ke daerah-daerah.

Namun karena kesibukan kuliah dan bisnis, Kaesang jarang turut dalam kegiatan kunjungan.

"Saya biasanya kan mengajak Kaesang. Mengajak ya biar belajar lapangan, tapi sekarang anaknya sibuk bisnis dan sibuk kuliah, sehingga diajak sulit, ketemu saja sulit banget," jelas Jokowi.

Dalam kegiatan beberapa waktu belakangan, Jokowi mengajak Jan Ethes seperti pada saat pembukaan Asian Para Games 2018. Sang cucu diajak Presiden dan duduk di sofa diantara Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Dalam video pembukaan Asian Para Games 2018, terekam Jan Ethes sedang menari-nari menggemaskan.

Selain itu, pada saat perayaan Hari Santri Nasional di Surakarta pada sabtu (20/10), Presiden juga membawa serta Jan Ethes.

Jan Ethes ikut bersama Presiden dengan mengenakan peci bewarna putih dan menengadahkan tangan turut berdoa.
   
.

Dia juga ikut merayakan Hari Kemerdekaan Ke-73 RI di Istana Merdeka pada Agustus 2018 mengenakan beskap dan celana panjang hitam lengkap dengan penutup kain batik khas busana Aceh.

Ketika berada di Surakarta saat libur Lebaran Juni 2018, Presiden pun mengajak Jan Ethes bermain permainan anak-anak di pusat perbelanjaan.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018