Kuta, Bali, (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo tiba di Pulau Bali untuk menghadiri Our Ocean Conference (OOC) Ke-5 pada Senin.

Presiden tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, sekitar pukul 09.50 WITA.

Usai menuruni tangga pesawat, Presiden yang mengenakan pakaian batik berwarna hitam bermotif putih  disambut oleh Gubernur Bali Wayan Koster bersama sejumlah jajaran.

Sebelumnya, Presiden telah bertolak dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 07.30 WIB menumpang pesawat kepresidenan Indonesia-1 selama sekitar 90 menit menuju Bali.

Sejumlah pejabat yang turut mendampingi Presiden dalam penerbangan tersebut antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi.

Pemerintah Indonesia telah melakukan rapat terbatas mengenai persiapan Konferensi Samudera Kita atau "Our Ocean Conference" pada Senin (22/10) yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Konferensi tersebut berlangsung pada 29-30 Oktober di Nusa Dua, Bali.

Terdapat enam bidang kerja sama dalam sektor kemaritiman yang dibahas dalam OOC yaitu penanganan polusi perairan laut, perlindungan kawasan perairan laut, dan perikanan berkelanjutan.

Selain itu, penanganan sejumlah dampak perubahan iklim di laut, ekonomi biru berkelanjutan dan keamanan maritim juga menjadi bidang kerja sama yang dibahas.

Pertemuan OOC Ke-5 2018 merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Asia.

Konferensi yang pertama dan kedua dilaksanakan di Amerika Serikat, lalu ketiga di Cile dan keempat di Malta.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018