SLA untuk restorasi kabel laut adalah maksimum 30 hari untuk wilayah perairan Indonesia, dan maksimum 48 hari untuk wilayah di luar perairan Indonesia

Jakarta  (ANTARA News)  -  PT Ketrosden Triasmitra melalui anak perusahaannya PT Triasmitra Multiniaga  Internasional  (PT  TMI)  memperkokoh  posisinya  merestorasi kabel laut milik operator komunikasi.

"Sejak  tahun  2007 perusahaan  memiliki  reputasi  handal  dalam  melaksanakan restorasi kabel laut milik para operator besar di Indonesia baik di laut dangkal maupun laut dalam  dengan  waktu  perbaikan  lebih  cepat  dari  Service  Level  Agreement  (SLA)  yang  telah ditentukan," kata CEO  PT Ketrosden Triasmitra, Titus Dondi Patria A dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

 Salah satu buktinya,  terlihat  dari  keberhasilan  PT  TMI   berhasil  menyelesaikan  perbaikan (restorasi)  kabel  laut  XL  Axiata  di  perairan  pulau  Bawean  dalam  waktu  hanya  10  hari,  dari komitmen 22 hari waktu perbaikan, sejak Purchase Order (PO) diterima. 

SLA untuk restorasi kabel laut adalah maksimum 30 hari untuk wilayah perairan Indonesia, dan maksimum 48 hari untuk wilayah di luar perairan Indonesia.     

Dikatakannya, selain layanan restorasi kabel laut, saat ini Triasmitra  telah memperluas layanan  untuk melakukan pencegahan putusnya kabel laut.      
Layanan  kabel laut Triasmitra terbagi dua, yakni "preventive maintenance" meliputi Sistem Patroli Kabel Laut dan Sistem Monitoring Kabel Laut.

Kedua "corrective maintenance" yang meliputi  restorasi  kabel  laut  dan  penyediaan  kapal  untuk restorasi.

Untuk  melaksanakan  "preventive  maintenance",  yang  berupa  patroli  sistem komunikasi kabel laut (SKKL),  perusahaan  telah membangun 10 barak pangkalan yang dilengkapi kapal patroli beserta tim patroli. 

Patroli laut dilaksanakan secara reguler sepanjang jalur SKKL di area penjagaan (500 meter dari kiri dan 500 meter dari kanan jalur kabel) atau di area-area yang berpotensi sering terjadi kabel putus sampai dengan sejauh 140 kilometer.  

Untuk "corrective maintenance", Triasmitra telah memiliki rekam jejak yang baik, di mana pada tahun 2008, 2013, 2015 dan 2018 berhasil memperbaiki kabel laut milik XL Axiata  sesuai  SLA  yang  telah  ditentukan.   

Karena  reputasinya  tersebut,  Triasmitra  telah dipercaya  kembali  oleh  XL  Axiata  untuk  melakukan  perbaikan  kabel  laut  milik  XL  Axiata  di perairan Bawean baru-baru ini, dan perbaikan dapat dilakukan lebih cepat dari SLA yang telah ditentukan.    

Baca juga: Triasmitra operasikan kabel laut Jakarta-Surabaya
Baca juga: Triasmitra-Global Marine kerjasama fiber optik

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018