Jakarta (ANTARA News) - Petinju Amerika Serikat yang tak terkalahkan, Floyd Mayweather Jr, Senin, mengumumkan bahwa ia telah menandatangani kontrak dengan promotor RIZIN Fighting Federation untuk bertarung melawan kickboxer Jepang Tenshin Nasukawa pada malam Tahun Baru di Saitama.

Wayweather, 41 tahun, yang telah meraih juara dunia tinju di lima kelas, belum pernah tampil dalam pertarungan mixed martial arts (MMA) profesional.

Format dan peraturan untuk pertarungan melawan petarung Jepang berusia 20 tahun itu juga belum ditetapkan.

Dalam konferensi pers di Tokyo, Senin, Mayweather mengatakan bahwa keputusannya untuk bertarung di Jepang akan memperluas reputasi globalnya.

"Saya ingin melakukan sesuatu yang berbeda. Saya ingin menunjukkan kemampuan saya di luar Amerika Serikat, dan pada pertarungan spesial," katanya seperti dikutip Reuters.

"Saya sudah berbicara dengan tim saya dan dengan pihak RIZIN, dan kami sepakat. Saya sudah tampil di Amerika Serikat dalam 50 pertarungan, saya sebagai seorang profesional saya belum dapat kesempatan untuk keluar Amerika Serikat untuk menunjukkan kemampuan saya kepada dunia," kata Mayweather.

Nasukawa bertarung baik di MMA maupun kickboxing murni. Ia telah memenangi semua empat pertarunganmua di MMA.

Jika tinju hanya menggunakan kepalan tangan, dalam MMA bmemakai tangan, kaki, sikut, dan juga bergulat.

Mayweather mengatakan, peraturan pertarungan nanti akan ditetapkan dalam beberapa pekan ke depan.

Terakhir Mayweather tampil pada 2017 melawan Conor McGregor sehingga rekor karir tinjunya menjadi 50-0 dan meraup total 300 juta dolar AS.

Pihak RIZIN tidak mengungkapkan nilai bayaran untuk pertarungan pada malam Tahun Baru itu.

Pewarta: T004
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018