counter

Kapolres: kamtibmas Timika aman jelang 1 Desember

Kapolres: kamtibmas Timika aman jelang 1 Desember

TPN OPM Serahkan Diri Ke NKRI Perwakilan TPN OPM Yusko Kogoya membaca surat pernyataan yang ditujukan kepada Pemerintah RI di Distrik Tinggi Nambut, Puncak Jaya, Papua, Sabtu (1/7/2017). Sebanyak 14 anggota Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka (OPM) bersama ratusan simpatisannya menyerahkan diri ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (ANTARA /Indrayadi TH)

Masyarakat tidak perlu kuatir. Meski begitu masyarakat jangan membawa senjata tajam dan mengkonsumsi minuman beralkohol
Timika (ANTARA News) - Pejabat Sementara Kapolres Mimika AKBP Fernando Sances Napitupulu menjamin situasi kamtibmas di Kota Timika dan sekitarnya kondusif menjelang 1 Desember.

"Kami yakinkan masyarakat Timika bahwa situasi tetap kondusif. Masyarakat silakan beraktivitas seperti biasa," kata AKBP Napitupulu di Timika, Jumat.

Kapolres mengatakan jajarannya mengerahkan 200 personel untuk mengamankan Kota Timika menjelang 1 Desember yang diperingati oleh sebagian warga Papua sebagai hari ulang tahun kelompok separatis Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Personel pengamanan juga diperkuat oleh jajaran TNI dari berbagai kesatuan serta Brimob Polda Maluku Utara dan Brimob Batalyon B Polda Papua di Timika.

Para personel Polri dan TNI tersebut sudah diploting ke semua titik yang dianggap rawan.

"Untuk di Timika tidak ada wilayah yang dianggap rawan. Masyarakat tidak perlu kuatir. Meski begitu masyarakat jangan membawa senjata tajam dan mengkonsumsi minuman beralkohol," ujar AKBP Napitupulu.

Kapolres mengaku telah menyurati semua distributor minuman beralkohol, tempat-tempat penjualan minuman beralkohol dan tempat-tempat hiburan di Kota Timika agar tidak menjual minuman memabukkan itu mulai 30 November hingga 2 Desember 2018 guna memberi rasa aman bagi warga setempat.

Menyangkut pengamanan di area PT Freeport Indonesia yang sering menjadi sasaran teror penembakan oleh kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB), Kapolres mengatakan personel Satuan Tugas (Satgas) Amole akan melakukan pengamanan maksimal di area tersebut.

"Tidak ada perkuatan personel pengamanan di area Freeport. Satgas Amole sudah siap untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan. Beberapa minggu terakhir situasi masih kondusif, tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan," kata AKBP Napitupulu.

Pada Jumat pagi, jajaran Polri dan TNI menggelar apel pengamanan menghadapi 1 Desember 2018 di Lapangan Timika Indah.

Guna memperkuat pengamanan, aparat gabungan Polri dan TNI mengerahkan sejumlah kendaraan berat seperti Panzer dan kendaraan penghalau massa Baracuda dengan melakukan konvoi keliling Kota Timika.

Baca juga: Polisi imbau warga Jayawijaya hindari peringatan 1 Desember

Baca juga: Polisi Mimika tingkatkan kewaspadaan jelang HUT OPM

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Ekspor Desember 2018 turun 4,62%, impor tumbuh 1,16%

Komentar