Jakarta (ANTARA News) - Artha Graha Peduli (AGP) membuka tujuh pos untuk membantu korban tsunami di kawasan terdampak bencana tersebut di Banten. 

"AGP membuka tujuh posko dengan aksi yang berbeda-beda seperti pengobatan warga, mengevakuasi jenazah dan lain-lain," kata Ketua Pelaksana Harian AGP, Heka Hertanto, dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu.

Ketujuh pos itu berada di Marina, Musro, Mancak, Pasauran, Taman Jaya Ujung Kulon, dan Carita yang merupakan wilayah  terparah terdampak tsunami pada Sabtu malam (22/12). 

Tim relawan AGP langsung bergerak ke lokasi bencana begitu kabar itu terkonfirmasi.

Pada masa tanggap darurat AGP menyerahkan bantuan logistik kepada korban tsunami di Kampung Lengkong dan PGRI Mancak, memeriksa kesehatan warga dan membuka dapur umum di Pasauran, Serang serta mengevakuasi jenazah di kawasan wisata Carita. 

Relawan AGP yang dikirim ke lokasi bencana sudah terlatih karena sebelumnya mereka sudah melakukan kerja kemanusiaan ke berbagai lokasi bencana seperti Lombok dan Palu.

Prioritas utama AGP pada masa tanggap darurat adalah menyelamatkan warga yang luka-luka dan melakukan evakuasi jenazah. Setelah masa tanggap darurat berakhir, AGP akan memasuki masa tahap rehabilitasi dan rekonstruksi.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018