Pandeglang (ANTARA News) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) membantu pembangunan tujuh kantor kepala desa (Kades) di Kabupaten Pandeglang yang rusak akibat diterjang tsunami Selat Sunda pada Sabtu (22/12).

"Ada sekitar tujuh kantor Kades di Pandeglang yang rusak akibat tsunami, kita bantu masing-masing Rp50 juta," kata Mendagri, Tjahyo Kumolo saat berkunjung ke Pandeglang, Jumat.

Bantuan itu, kata dia, untuk memperbaiki kantor yang rusak, di antaranya diberikan untuk Kantor Kades Sumber Jaya.

Ia menyatakan, kantor Kades yang rusak harus segera diperbaiki agar aparaturnya bisa segera bekerja dalam proses penanganan bencana, seperti inventarisasi warga yang menjadi korban tsunami.

Selain itu, para Kades dan jajarannya juga harus melakukan inventarisasi rumah warga yang rusak serta fasilitas umum lainnya.

Dalam kunjungannya itu, Mendagri juga menyerahkan bantuan logistik bagi korban tsunami di daerah itu.

Mendagri juga menyerahkan bantuan dari istri para menteri Kabinet Kerja berupa uang tunai Rp200 juta yang diberikan kepada Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

"Ini ada titipan dari istri para menteri Kabinet Kerja bagi korban tsunami di Pandeglang," katanya saat menyerahkan bantuan itu.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyampaikan terima kasih pada Mendagri serta istri para menteri Kabinte Kerja yang telah peduli pada warganya yang tertimpa musibah.

Baca juga: Mendagri pastikan penanganan tsunami sesuai perintah Presiden
 Baca juga: Bupati Pandeglang pastikan bantuan logistik cukup untuk tujuh hari

Pewarta: Sambas
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018