Jakarta (ANTARA News) - Bus tingkat City Tour Transjakarta tujuan Istiqlal-Kota Tua menjadi alternatif wisata bagi sebagian masyarakat di DKI Jakarta yang ingin menghabiskan libur Tahun Baru 2019.

Pantauan Antara di halte bus City Tour IRTI Monas, Jakarta, Selasa, menunjukkan masyarakat antusias mengantre kedatangan bus tingkat jurusan Kota Tua pada pukul 10.00 WIB.

"Saya ajak istri dan anak mau ke Kota Tua. Nanti, baru pulangnya santai di Monas," kata Abdul, salah satu pengunjung yang tengah mengantre bus tingkat.

Abdul yang membawa istri dan seorang putri berusia empat tahun itu membawa motor dari arah Mampang kemudian diparkirkan di IRTI Monas.

Ia mengatakan ingin menikmati Kota Jakarta dari lantai dua bus tingkat.     

Meski, bus wisata jurusan Istiqlal-Senayan sedang transit menaikkan dan menurunkan penumpang di Halte IRTI Monas, masyarakat tampak sabar mengantre untuk kedatangan bus Istiqlal-Kota Tua.

Bus tingkat tujuan Kota Tua terlihat datang 15 menit sekali sehingga antrean penumpang tidak terlalu panjang.

Sementara itu, masyarakat mulai memadati kawasan Monumen Nasional.

Antrean kendaraan menuju halaman parkir terjadi sampai lampu merah Bundaran Patung Kuda.         

Selain kedua tujuan tersebut, bus tingkat City Tour juga melayani rute Monas-Kalijodo.

Namun tak banyak masyarakat yang antusias mengantre untuk rute tersebut.

"Bus tujuan IRTI Monas-Kalijodo juga ada. Namun, memang tidak ramai karena ini kan halte pertama. Beda dengan tujuan Kota Tua sudah penuh, karena IRTI Monas halte pemberhentian ketiga dari Istiqlal," kata Arif, salah satu petugas City Tour.         

Masyarakat yang ingin mencoba pengalaman menumpang bus tingkat sampai Kota Tua dengan biaya cuma-cuma ini diharapkan menunggu di halte awal, yakni Masjid Istiqlal yang terletak di depan Halte Transjakarta Stasiun Juanda.

Baca juga: Lalulintas di Jakarta Pusat lengang pada Tahun Baru 2019
Baca juga: Ancol targetkan 60.000 pengunjung di libur Tahun Baru 2019
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019