Di balik lincahnya tarian Dick Van Dyke di "Mary Poppins Returns"

Di balik lincahnya tarian Dick Van Dyke di "Mary Poppins Returns"

Salah satu adegan dalam film "Mary Poppins Returns" (Disney)

Jakarta (ANTARA News) - Meski sudah berusia 93 tahun, aktor Dick Van Dyke tetap lincah menari di sekuel "Mary Poppin s Returns". Adegan menari lincah di atas meja tersebut betul-betul dilakukannya sendiri, bukan trik atau efek khusus.

Momen klimaks yang muncul di trailer film itu merupakan penampilan istimewa aktor legendaris yang dulu berakting di "Mary Poppins" versi 1964. 

Baca juga: "Mary Poppins Returns" film musikal yang menyenangkan

Adegan menari di atas meja dilakukan Van Dyke ketika masih berusia 91 tahun. Aktor senior itu dulu berperan sebagai Bert dan bankir Mr. Dawes di film Mary Poppins pertama. Dua dekade kemudian, Van Dyke kembali muncul, kali ini sebagai putra dari Mr. Dawes.

"Dia tak punya rasa takut, menyenangkan dan gemar menari. Dia betul-betul tak tergantikan," kata sutradara Rob Marshall seperti dikutip USA Today.

Saat syuting, mereka meletakkan pijakan dan bangku agar sang aktor bisa naik ke meja tinggi. Emily Blunt (Mary Poppins) dan Lin-Manuel Miranda (Jack) mengapit sisi meja, berakting bersama dan siap membantu Van Dyke naik ke atas meja.

Marshall mengatakan dia bertemu Van Dyke di toko kelontong California, dan saat itu dia yakin Van Dyke masih bisa beraksi.

Saat syuting, Van Dyke membuktikan kelincahan tubuhnya meski sudah berusia lanjut. Sang aktor bahkan tak butuh bantuan untuk naik ke atas meja.

Emily menuturkan kehebatan fisik Van Dyke. "Rob sangat tersentuh, dia bahkan tak bisa bilang cut. Dia menangis."

Baca juga: Lima fakta menarik dari film "Mary Poppins Returns"

Sang aktor mengulang adegan itu sebanyak empat kali untuk memastikan sang sutradara mendapatkan adegan terbaik. Selama dua hari pengambilan gambar, sutradara mengajak Van Dyke bernostalgia, melihat-lihat ke rumah di Cherry Tree Lane yang jadi pusat latar belakang film pertama.

"Dia bilang 'saya merasa ini seperti rumah sendiri.' tutur Marshall. "Dia mengatakan jiwa film pertama juga ada di set film ini. Itu sangat berharga buat saya."

Selain Dick Van Dyke, film kedua Mary Poppins juga diramaikan oleh kehadiran aktris Angela Lansbury (93) yang berperan sebagai penjual balon ajaib di akhir film. Karakter itu diambil dari buku "Mary Poppins" karya P.L. Travers. 

Lansbury adalah aktris Broadway dan ikon Disney yang sudah membuktikan kemampuan aktingnya sebagai Mrs. Potts di "Beauty and the Beast" serta Miss Price di "Bedknobs and Broomsticks".

Lin-Manuel Miranda mengatakan kedua aktor legendaris itu yang bakal membuat penonton dewasa betul-betul terharu menyaksikan sekuel Mary Poppins.

Baca juga: Momen mengerikan Emily Blunt sebagai Mary Poppins baru

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar