Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo berharap acara Green Festival 2019 menginspirasi milenial untuk menanamkan sikap gaya hidup yang peduli terhadap lingkungan.

Green Festival 2019 diadakan di Jakarta Convention Centre (JCC), Kamis ini dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian dan minat generasi milenial terhadap gaya hidup ramah lingkungan, urban framing dan agrikultur di Indonesia serta mendorong lahirnya ide-ide dan inovasi baru di sektor agrikultur.

Presiden Jokowi berharap agenda positif seperti ini bisa mengajak milenial yang peduli terhadap lingkungan ini bisa menularkannya kepada masyarakat sekitarnya lewat usaha-usaha kreatif dan inovatif.

Menteri BUMN Rini Soemarno, saat mendampingi Presiden, mengatakan para millenial harus mengambil peran yang dominan dalam menjaga lingkungan.

"Semangat inovatif yang dimiliki millenial harus bisa juga dituangkan dalam merawat lingkungan," ujar Menteri Rini.

Green Festival 2019 kali ini, diisi oleh berbagai macam gerai UMKM dan Startup serta dihadiri oleh lebih 2.000 remaja milenial yang berasal dari kalangan mahasiswa, profesional, dan komunitas-komunitas lainnya.

Penyelenggaranya adalah BRI dan Pupuk Indonesia. Agendanya juga berisi pameran tanaman sayuran hidroponik dan aquaponik serta berbagai tanaman lainnya.

Selain itu juga diadakan praktik kerja Easy Gardening, teknik dasar menanam dan memelihara tanaman dengan media tanah.

Kedua, Hidroponik, teknik dasar menanam dan ketiga, memelihara tanaman dengan media air dan daur ulang, yakni mendaur ulang limbah domestik menjadi hal yang berguna.

Ada juga agenda diskusi dengan sejumlah tema antara lain Millenial Peduli Lingkungan dan Pelopor Green Living, Health Awareness dan Green Lifestyle.
 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019