Padan (ANTARA News) - Kota Padang dipilih sebagai daerah pertama pagelaran "Diplomacy Festival 2019" yang dihelat oleh Kementerian Luar Negeri sebagai upaya memperkenalkan dan membumikan diplomasi Indonesia khususnya kepada pelajar dan mahasiswa.

"Setelah pada 2018 Kemenlu menggelar ajang serupa di Yogyakarta, Surabaya dan Bandung, pada 1-2 Februari 2019 kami menggelar acara serupa di Padang," kata Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, Listiana Operananta di Padang, Jumat.

Adapun rangkaian kegiatan mulai dari kuliah umum oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Universitas Andalas dengan tema "Kiprah Diplomasi Indonesia" pada 2 Februari.

Kemudian Festival Diplomasi di Lapangan Imam Bonjol Padang pada 2 Februari dengan agenda simulasi hubungan bilateral, pameran pendidikan, talkshow, yang dimeriahkan hiburan oleh grup musik Payung Teduh, Ran dan Yura.

Di arena Diplomacy Festival pengunjung juga dapat langsung berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan para diplomat Indonesia.

Ia mengatakan kegiatan ini dirancang sedemikian rupa untuk menarik minat mahasiswa dan pelajar serta menumbuhkan ketertarikan terhadap Kementerian Luar Negeri karena di masa depan isu politik luar negeri menjadi perhatian semua.

Sementara Deputi Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu Al Busyra Basnur menyampaikan sekitar 600 pelajar di Padang siap hadir berdasarkan komitmen Dinas Pendidikan Sumbar.

Ini acara pertama kali di Sumbar bagaimana dan Sumbar juga punya gudang diplomat yang luar biasa sejak Indonesia merdeka seperti Agus Salim hingga Bung Hatta, kata dia.

Baca juga: Kemenlu adakan DiploFest jembatani masyarakat dengan polugri

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019