Cirebon, Jawa Barat (ANTARA News) - Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma'ruf Amin, dijadwalkan mengelilingi beberapa daerah di Jawa Barat untuk berdialog dengan tokoh masyarakat, pengasuh pesantren serta ulama di sejumlah wilayah.

"Pada hari ini beliau mengunjungi Ponpes Babakan Ciwaringin, Cirebon," kata Sekretaris Jenderal Jokma (Jokowi-Ma`ruf Amin), Muhammad Nugroho, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin.

Jawa Barat, bersama Jawa Tengah dan Jawa Timur, merupakan tiga provinsi dengan pemilik suara terbanyak pada tiap Pemilu.

Pemilu kali ini diikuti dua pasang kontestan, yaitu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (nomor urut 02), dan Jokowi-KH Ma'ruf Amin (nomor urut 01).

Nugroho mengatakan, di Ponpes Babakan Ciwaringin, ulama senior itu menggelar pertemuan dengan PCNU Kabupaten Cirebon dan Cirebon.

Kemudian, untuk acara puncaknya, Ma'ruf Amin menghadiri kegiatan istigasah dan ijazah kubro kitab Shohih Bukhori sekaligus memberikan tausiyah kepada ribuan santri dan kiai kampung.

"Setelah acara di Ciwaringin, melanjutkan perjalanan ke Ponpes Kempek dan Buntet," ujarnya.

Di Ponpes Kempek, Ma`ruf Amin akan menggelar silaturahmi dengan para kiai dan pimpinan Ponpes Kempek di Kompleks Ponpes Kempek.

Kemudian, dilanjutkan perjalanan menuju Pondok Pesantren Buntet Cirebon dan di sana akan kembali menggelar pertemuan dengan para kiai dan pengasuh Ponpes Buntet.

"Sebelum mengakhiri perjalanan hari pertamanya ke Jabar, Ma'ruf Amin pada malam hari bertemu dengan para nelayan pantura di Kuningan," tuturnya.

Nugroho menjelaskan, selama lima hari pasangan capres Jokowi itu akan berkeliling ke beberapa wilayah di Jawa Barat, seperti Cirebon, Kuningan, Ciamis, Pangandaran, dan beberapa daerah lain.

Di wilayah itu, Ma'ruf Amin akan melakukan dialog dengan tokoh masyarakat, pengasuh pesantren dan tokoh ulama. "Nanti pulangnya direncanakan melalui Bandara BIJB Kertajati, seperti saat kedatangannya," katanya.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019