Jakarta (ANTARA) - Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo ingin agar kontribusi koperasi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ditingkatkan sehingga semakin kuat memacu pertumbuhan ekonomi.

Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa Presiden Jokowi menyampaikan pesan tersebut kepada koperasi-koperasi di Indonesia agar terus produktif dan meningkatkan perannya dalam perekonomian bangsa.
“Karena itu, pesan Presiden Jokowi supaya PDB koperasi ini harus ditingkatkan lagi,” kata Puspayoga.

Ia juga menyebut bahwa Presiden telah memberikan apresiasi secara khusus kepada para pelaku koperasi di Tanah Air karena meningkatnya PDB koperasi dalam beberapa waktu terakhir.

Untuk diketahui kontribusi koperasi terhadap PDB sebesar 1,71 persen pada 2014 dan meningkat menjadi 4,48 persen pada 2017. Peningkatan kontribusi PDB koperasi tersebut telah memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat, serta pemerataan pembangunan perekonomian nasional.

Menurut Puspayoga upaya peningkatan kontribusi koperasi terhadap PDB dilakukan melalui program reformasi total koperasi.
Program itu berupa reorientasi, yakni mengubah paradigma pemberdayaan koperasi dari kuantitas menjadi kualitas. Kedua, melalui langkah rehabilitasi. Dan Ketiga, melalui pengembangan koperasi.

Dengan upaya tersebut, lanjut Puspayoga tekad pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi tercapai, lapangan kerja meningkat, penggangguran dan kemiskinan menurun, maupun gini ratio menurun.

Dimana menurut dia, peningkatan pertumbuhan ekonomi itu harus disertai pemerataan kesejahteraan masyarakat.
“Itulah yang kita lakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi kalau pertumbuhan ekonomi saja tidak cukup, harus diserta dengan pemerataan kesejahteraan,” tegas Puspayoga.

Pemerintah juga memberikan kemudahan melalui bantuan modal usaha kepada KUKM, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan bantuan dana bergulir dengan suka bunga rendah. Tidak hanya itu pemerintah juga menggelar berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM KUKM.

Baca juga: Menkop: koperasi syariah andil tingkatkan pertumbuhan PDB

Baca juga: Menkop UKM: PDB koperasi di Indonesia terus meningkat

 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019