Kami sudah siapkan sejak hari pertama, tapi rata-rata keluarga lebih suka menunggu di depan ruang jenazah RS Bhayangkara
RS Bhayangkara Siapkan Ruang T (ANTARA) - Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Polda Papua, di Kota Jayapura telah menyiapkan ruang tunggu bagi keluarga korban banjir bandang yang sedang menunggu hasil identifikasi oleh Tim DVI.

Kabid Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Papua Kombes Pol dr Ramon A di Kota Jayapura, Rabu malam mengatakan penyiapan ruang tunggu bagi keluarga korban babanjir bandang itu  diperlukan untuk  memberikan kenyamanan dan keamanan di lingkungan rumah sakit.

"Kami sudah siapkan sejak hari pertama, tapi rata-rata keluarga lebih suka menunggu di depan ruang jenazah RS Bhayangkara," katanya.

Ruang tunggu itu, kata dia, disiapkan tepat di depan kantor Bid Dokes Polda Papua yang dilengkapi dengan tenda dan 50-an kursi.

"Tentunya juga kami siapkan air hangat, teh dan kopi bagi keluarga korban," katanya dr Ramon

Sementara itu, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal meminta agar masyarakat bersabar menunggu hasil identifikasi dari Tim DVI yang sudah sangat berpengalaman.

"Akan lebih cepat terbantu, jika ada warga yang merasa kehilangan keluarga bisa melaporkan kepada kami dengan ciri-ciri korban, sehingga bisa mempercepat proses identifikasi," katanya.

Proses identifikasi kata dia, bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya dengan proses data primer dan sekunder hingga menggunakan tes DNA yang memerlukan waktu agak lama.

"Kami harapkan para keluarga korban bisa bersabar menunggu hasil identifikasi, karena dari hasil tersebut RS Bhayangkara akan menerbitkan surat keterangan terkait jenazah yang ditemukan, yang sangat penting untuk mengklaim asuransi atau lainnya," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019