Mahfud beri dukungan mahasiswa peserta kompetisi seni dunia di Rumania

Mahfud beri dukungan mahasiswa peserta kompetisi seni dunia di Rumania

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD berfoto berama mahasiswa Yogyakarta yang akan bertanding dalam ajang kompetisi seni tingkat dunia di Rumania pada Agustus 2019, Rabu. (Foto Antara/Luqman Hakim)

Yogyakarta (ANTARA) - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memberikan apresiasi dan dukungan bagi para mahasiswa Yogyakarta yang akan bertanding dalam ajang kompetisi seni tingkat dunia di Rumania pada Agustus 2019.

"Saya mengucapkan selamat dan mengapresiasi teruslah berkarya tanpa menunggu uluran tangan dari pemerintah," kata Mahfud saat berjumpa dengan para mahasiswa Yogyakarta yang akan berangkat ke Rumania di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Mahfud, Indonesia merupakan negara yang dikenal kaya akan seni dan budaya adiluhung. Adapun Yogyakarta, secara khusus dikenal sebagai daerah istimewa yang kekuatan seninya telah dikenal di mana-mana.

"Budaya yang berasal dari Yogyakarta, termasuk di antaranya tarian pasti ada napas Yogyakartanya. Kehalusan budaya Yogyakarta akan terlihat," kata dia.

Menurut Mahfud, berlaga dalam kompetisi tingkat dunia merupakan panggilan yang dapat mengharumkan negara. Upaya itu sekaligus dapat menepis anggapan bahwa Indonesia merupakan negara yang menakutkan karena banyak ditemukan kasus terorisme. Padahal Indonesia merupakan negara yang kaya akan SDA sekaligus SDM-nya di bidang seni dan budaya.

Promotor peserta kompetisi seni di Rumania, Novita Riatno mengatakan peserta yang akan berangkat dalam ajang kompetisi yang diadakan oleh The International Council of Organizations for Folklore Festivals and Traditional Arts (CIOFF) terdiri atas 35 mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Yogyakarta.

Mereka yang tergabung dalam Komunitas Rampoe UGM itu, kata Novita akan mempersembahkan tarian khas Aceh Ratu Pukat. Tarian itu sebelumnya pernah membawa Komunitas Rampoe menjuarai Festival Taria Internasional di Korea pada 2018.

"Kami memang bercita-cita membawa Indonesia lebih dikenal dunia internasional melalui kekuatan seni dan budaya," kata dia.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar