counter

Gubernur Bali minta pers tingkatkan literasi informasi pada masyarakat

Gubernur Bali minta pers tingkatkan literasi informasi pada masyarakat

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta (kanan) bersama Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra (kiri) saat melakukan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Balai Budaya Semarapura, Klungkung, Bali, Jumat (29/3). (Foto Antaranews Bali/Humas Pemkab Klungkung/2019)

Klungkung, Bali (ANTARA) - Gubernur Bali Wayan Koster meminta jajaran pers untuk meningkatkan Literasi Informasi kepada masyarakat, karena era digital membuat informasi menjadi "borderless" (tanpa batas), sehingga masyarakat mengalami "banjir" informasi yang bisa benar dan juga tidak benar atau hoaks.

"Untuk itu, masyarakat perlu melakukan pemilahan informasi secara bijak. Melalui terselenggaranya HPN 2019, saya harapkan akan tetap mendorong pers untuk menjadi sumber inspirasi dan pencerahan bagi masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Bali, karena itu pers harus semakin meningkatkan perannya dalam edukasi dan literasi kepada masyarakat," katanya di Semarapura, Klungkung, Jumat.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 oleh PWI Bali di Balai Budaya Semarapura, Klungkung, Gubernur mengapresiasi peran pers di Pulau Dewata yang sangat membantu pemerintah dan masyarakat, seperti HPN 2019 di Bali yang mengangkat tema "Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital".

"Saya mengharapkan pers juga terus bersinergi dengan pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui ruang pengabdian masing-masing," katanya dalam acara puncak yang ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai oleh Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, perwakilan dari Pemkot Denpasar, Pemkab Badung, Pemkab Buleleng, serta puluhan pimpinan media massa di Bali itu.

Melalui tema yang dipakai dalam HPN 2019 itu, pers juga menumbuhkan semangat untuk mengembangkan perekonomian rakyat berbasis digitalisasi, karena pemerataan ekonomi itu tidak hanya bersifat ekonomis, namun juga pemerataan dalam akses informasi yang akan mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Pemprov Bali juga akan mulai tahun 2019 dan ke depan terus memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan informasi melalui pemasangan wifi gratis di desa pekraman, objek wisata, sekolah-sekolah, dan rumah sakit serta di fasilitas publik lainnya, sehingga masyarakat Bali akan dapat mewujudkan cita-cita menjadi Bali Smart Island. Pemasangan wifi ini bukan hanya merupakan keadilan sosial dalam bidang ekonomi, tetapi juga dapat memperpendek jarak dari pemerintahan dengan masyarakat," katanya.

Dalam sambutan pengantarnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menilai pers sudah sangat berperan dalam pembangunan di Kabupaten Klungkung, karena pers sudah membantu menginformasikan apa yang dikerjakan Pemkab Klungkung hingga ke pelosok-pelosok di Wilayah Klungkung.

"Untuk itu, saya harapkan PWI Bali terus menciptakan wartawan yang profesional dan tetap berpedoman kepada kode etik wartawan serta dapat meningkatkan kerja sama yang lebih baik lagi dengan pemerintahan. Mudah-mudahan, pers ke depan bisa lebih profesional, interaktif, dan bisa memberikan informasi yang positif ke masyarakat Indonesia," katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra melaporkan pihaknya memeriahkan HPN 2019 dengan tiga kegiatan yakni Turnamen Futsal pada 15 Februari 2019, kegiatan peningkatan kompetensi wartawan melalui Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dan mengunjungi panti asuhan Semaraputra di Kabupaten Klungkung.

"Untuk menjadi wartawan saat ini harus mempunyai sertifikasi kompetensi, agar dapat melahirkan karya-karya jurnalistik yang dapat mencerdaskan dan mengedukasi masyarakat Indonesia, apalagi tahun ini ada Pemilu Serentak 2019. Wartawan yang memiliki kompetensi akan bersikap bijak, bukan mengumbar apa yang saya sebut dengan Libido Jurnalistik, karena kepentingan pers adalah kepentingan publik," katanya.

Dalam acara puncak HPN 2019 itu dimeriahkan dengan Penyerahan Penghargaan Apresiasi atas Kontribusi dalam mendukung program-program PWI Bali yang diserahkan kepada Gubernur Bali, Bupati Badung, Walikota Denpasar, Bupati Buleleng, Bupati Klungkung, dan Ketua Umum KONI Bali, serta puluhan media yang selama ini mendukung dan mempublikasikan kegiatan-kegiatan PWI Bali.

Selain itu, juga ada penyerahan tropi dan hadiah Turnamen Futsal Kemitraan 2019 kepada Juara I Tim Futsal Humas Kota Denpasar, Juara II Tim Futsal Bank BPD Bali, Juara III Tim Futsal Bank BRI Wilayah Denpasar, Juara Harapan Biro Umum Setda Pemprov Bali, dan Juara Favorit Dinas Kominfo Provinsi Bali. Secara simbolis juga ada penyerahan sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Acara puncak HPN 2019 itu ditutup dengan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai, berupa spanduk deklarasi yang dilakukan oleh Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, serta perwakilan pemerintahan dan pimpinan redaksi media se-Bali. 

Pewarta: Edy M Yakub
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ada kolaborasi olahraga dan budaya dalam Porprov Bali XIV 2019

Komentar