Untuk Tempe Corner, idenya dari Pak Jokowi yang bangga atas tempe khas Indonesia ini. Tempe adalah salah satu jenis makanan super food bergizi tinggi yang telah mendunia, lanjut Butet
Jakarta (ANTARA) - Rangkaian kegiatan konsolidasi nasional Relawan Jokowi-Ma’ruf di Amerika Serikat (AS) yang tergabung dalam #AmerikaBerSATU menyelenggarakan puncak acara sekaligus penutup yakni "Washington, DC Festival Rakyat Indonesia SATU #FRIS".

Salah seorang koordinator acara, #AmerikaBERSATU," Butet Luhcandradini melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa, mengatakan, kegiatan "Washington, DC Festival Rakyat Indonesia SATU #FRIS" yang diselenggarakan di Washington, DC merupakan puncak acara sekaligus penutup dari rangkaian kegiatan konsolidasi nasional WNI di Amerika Serikat.

Kegiatan yang diselenggarakan pada 7 April 2019 waktu setempat ini, dihadiri sekitar 800 orang WNI di Amerika Serikat. "Sampai saat ini sudah sebanyak 36 negara bagian di Amerika Serikat yang terkonsolidasi dalam #AmerikaBERSATU," katanya.

Turut hadir pada acara ini antara lain, penggagas gerakan #AmerikaBerSATU Tricia Sumarijanto, dan pencipta lagu legendaris James F. Sundah yang secara khusus hadir dari New York.

Acara ini juga diramaikan oleh beberapa musisi lokal dari Washington, DC dan sekitarnya. Beberapa artis Indonesia juga hadir melalui rekaman video untuk menyapa para relawan, antara lain Yuni Shara, Teuku Zacky, dan Christine Hakim, juga rekaman video dari Addie MS dan Millie Lukito yang dari awal telah memberikan dukungannya pada gerakan Amerika BerSATU.

Menurut Butet Luhcandradini, untuk meramaikan acara ini, #DC4Jokowi sebagai panitia, menyediakan berbagai macam pilihan aktivitas mulai dari "selfie corner, tempe corner, batik corner", sampai kuis berhadiah dan doorprize. "Pertanyaan untuk kuis berhadiahnya sengaja ada yang serius dan ada yang lucu-lucu," katanya.

"Untuk Tempe Corner, idenya dari Pak Jokowi yang bangga atas tempe khas Indonesia ini. Tempe adalah salah satu jenis makanan super food bergizi tinggi yang telah mendunia,” lanjut Butet.

Para vendor juga sengaja menyediakan tenaga untuk memberikan penjelasan mengenai apa yang dijual. Terlihat beberapa orang Amerika yang mendapat kesempatan untuk belajar tentang apa itu tempe, mencicipi rasanya sate Madura di salah satu vendor makanan. Acara yang mulai pada pukul 12 siang ini ditutup dengan acara foto bersama.

Gerakan fenomenal Amerika BerSATU dengan semboyan “Amerika BerSATU adalah KITA” tercatat mengadakan 21 kegiatan secara serentak pada 5-6-7 April 2019.

Warga Negera Indonesia (WNI) di Amerika Serikat akan memilih pada 13 April 2019, empat hari sebelum hari pemilihan di Indonesia pada 17 April 2019.





 

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019