Dua sektor ini (konsumsi dan investasi) diharapkan jadi motor penggeraknya
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi XI DPR RI Refrizal mendorong investasi sebagai motor penggerak perekonomian nasional pada tahun 2019, karena pertumbuhan ekonomi pada saat ini diprediksi akan banyak dipengaruhi tingkat konsumsi dan investasi.

"Dua sektor ini (konsumsi dan investasi) diharapkan jadi motor penggeraknya," kata Refrizal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Selain itu, ujarnya, konsumsi pemerintah dan perdagangan internasional juga akan memengaruhi pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Apalagi, perekonomian nasional pada tahun 2019 juga diperkirakan masih akan terus melanjutkan tren perbaikan dengan tumbuh sebesar 5,3 persen per tahun.

Untuk itu, lanjut legislator F-PKS itu, pemerintah selayaknya berupaya menjaga tingkat keyakinan masyarakat agar konsumsi, keberlangsungan usaha dan investasi tetap meningkat di tengah bangsa yang akan menggelar pemilu serentak, baik pemilihan legislatif maupun presiden.

Refrizal menyampaikan hal tersebut usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Askrindo, di Kantor Perwakilan BI Sumatera Barat, Padang, baru-baru ini.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono saat memberi sambutan dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi DKI Jakarta, Rabu (10/4/2019), menyatakan bahwa keberhasilan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak terlepas dari kebijakan pemerintah.

Susiwijono memaparkan bahwa paket-paket kebijakan pemerintah berupa pembangunan infrastruktur, memperkuat daya saing, memperkuat kawasan ekonomi, membangun kawasan pariwisata di seluruh wilayah Indonesia dengan didukung kebijakan pemerataan ekonomi.

“Belajar dari negara-negara yang berhasil keluar dari middle income trap (jebakan kelas menengah), kunci keberhasilan pembangunan berkelanjutan adalah memperkuat daya saing dengan mendorong ekspor dan investasi,” kata Sesmenko Perekonomian.

Investasi merupakan salah tema yang dibahas dalam debat terakhir Pilpres 2019, bersamaan dengan sejumlah tema lainnya yakni ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, dan industri.

Debat kelima atau terakhir tersebut merupakan debut pamungkas yang menutup seluruh rangkaian debat Pilpres 2019 yang dimulai sejak Januari dan akan digelar pada 13 April 2019, empat hari menjelang pencoblosan pada 17 April 2019.

Tidak seperti ketiga debat sebelumnya, debat terakhir ini akan menghadirkan kedua paslon presiden dan wakil presiden dalam satu panggung debat seperti pada saat debat babak pertama.

Baca juga: KPU: Debat kelima jadi klimaks pemaparan program capres-cawapres
Baca juga: Debat capres diharapkan ungkap masalah utama ekonomi Indonesia

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019