Samarinda (ANTARA) - Anggota Juru Kampanye Nasional Badan Pemenangan Prabowo-Sandi, Budisatrio Djiwandono, optimistis bahwa pasangan calon presiden nomor urut dua bakal mendulang suara terbanyak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Budisatrio hadir dalam acara kampanye akbar Partai Gerindra di Lapangan Parkir Gor Segiri, Samarinda, Sabtu.

Dalam orasinya, Budisatrio mengaku telah memiliki data survei internal yang menyebutkan, di Kaltim, pasangan Prabowo-Sandi akan menang.

Diketahui pada pilpres 2014, saat Kaltim belum berpisah dengan Kaltara, pasangan Prabowo-Hatta meraih : 687.734 suara atau 36,62 persen.

Sementara itu, Jokowi-JK memperoleh 1.190,156 suara atau 63,37 persen. Kala itu, jumlah pemilih tetap di Kaltim dan Kaltara 3.023.405.

“Kami punya angka dan survei, di Kaltim, jadi salah satu provinsi yang akan kami putarbalikkan, untuk kemenangan Prabowo-Sandi,” kata Budisatrio.

Selain data survei, yang membuatnya optimis adalah membludaknya animo masyarakat saat kunjungan Sandi ke Samarinda, Kukar, Balikpapan, disusul Prabowo ke Samarinda.

"Saya tak akan tetapkan target dan angka untuk suara saya di DPR RI, tapi kita ingin Partai Gerindra menang di Kaltim,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerindra Kaltim yang juga Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, di Kaltim, Andi Harun, menyampaikan, dari beberapa survei internal dan partai lain menempatkan partainya berada di posisi atas di Kaltim.

Apalagi, dengan ‘kejutan’ beberapa hari terakhir, lewat dukungan Ustaz Abdul Somad dan sejumlah tokoh nasional lainnya pada pasangan yang mereka usung, menjadi pelecut sinyalemen meningkatnya suara dan mendekatkan pada kemenangan.

Meski demikian, Andi tak ingin berbicara prosentase kemenangan Prabowo-Sandi di Kaltim.

Namun, ia memperkirakan berdasarkan survei internal, pasangan nomor urut dua ini mampu meraih hasil signifikan.

Sedangkan untuk kursi DPRD provinsi, berdasarkan survei internal mereka, minimum partai berlogo burung garuda ini, bisa mendapatkan 11 kursi atau mengalami kenaikan dibandingkan periode sebelumnya, sebanyak 6 kursi legislator di Karang Paci. Sedangkan untuk DPRD Kota Samarinda, ditarget 12 kursi.

Dari 10 kabupaten kota di Kaltim, Andi menilai Samarinda, Balikpapan, Kukar dan Bontang menjadi lumbung suara partai Gerindra dan pasangan Prabowo-Sandi.

Namun, ia tak menampik, di kabupaten dan kota lain, masih berdasarkan survei internal mereka, masih menempatkan partainya berada di urutan satu dan dua dibanding partai lain.

Baca juga: Pemilih Kaltim bertambah 2.799 orang
Baca juga: Sandi janjikan OK-OCE di Kaltim


Pewarta: Arumanto
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019