Balikpapan, (ANTARA) - Organisasi relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Kalimantan Timur akan menggelar konser amal di Balikpapan pada bulan Ramadhan dengan menghadirkan penyanyi dan pencipta lagu yang tenar di dekade 90an dan era awal milenium, Melly Goeslaw.

“Insya Allah pada Ramadan nanti, pada 19 Mei ada konser yang merupakan bagian dari program Marhaban ya Dermawan," kata Kepala Cabang ACT Kaltim Eko Wahyono di Balikpapan, Kamis. 

Menurut Eko, berkaca dengan konser amal serupa di Yogyakarta, sebelum konser saja sudah terkumpul hingga Rp1,2 miliar, dan di akhir konser didapat hingga Rp2 miliar.

Pihaknya masih mempertimbangkan dimana gelaran konser amal itu akan diselenggarakan, apakah di Dome atau cukup di ballroom hotel saja.

“Kita paskan dengan kebutuhan nanti,” kata Eko.

Ia mengatakan, uang yang terkumpul dari konser amal itu akan digunakan ACT membantu para pihak yang membutuhkan di seluruh dunia.

Selama Ramadan itu ACT juga menggelar kegiatan-kegiatan lain dengan tujuan sama seperti Di Balikpapan dan Samarinda misalnya, akan ada acara Buka Bersama Komunitas. Pada kegiatan itu ACT yang sudah eksis selama 14 tahun di Indonesia, akan menjelaskan apa dan siapa ACT serta apa saja yang sudah dikerjakan.

“Kami kan baru hadir di Kaltim, baru 9 bulan,” lanjut Eko. ACT Kalimantan Timur mulai beroperasi di Benua Etam pada Agustus 2018 lampau.

Selama Ramadan juga akan ada kunjungan keliling syekh dari Palestina untuk bercerita kondisi warga negara yang berkonflik terus menerus dengan Israel itu.

Menurut dia, program-program andalan seperti wakaf, zakat, termasuk qurban tetap digelar.

“Kami juga sedang mempersiapkan pasar takjil,” kata Andi M Akbar, relawan ACT pada kesempatan sama.

Dari Indonesia relawan-relawan ACT bergerak ke seluruh dunia untuk membantu masalah-masalah kemanusiaan yang timbul karena bencana alam dan juga perang.

Konser kemanusiaan diisi oleh Melly Goeslaw di Padang Panjang. (Antara Sumbar/Diskominfo Padang Panjang) (Antara Sumbar/Diskominfo Padang Panjang/)
Baca juga: ACT Aceh luncurkan tujuh program "Marhaban Yaa Dermawan"
Baca juga: ACT gelar konser amal peduli Palestina dan Lombok
Baca juga: Konser peduli kemanusiaan tsunami kumpulkan Rp58 juta
Baca juga: ACT ketuk dermawan saat Ramadhan


Pewarta: Novi Abdi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019