Banjarmasin (ANTARA) - Proses rekapitulasi hasil pemungutan suara masih terus berlangsung. Seperti di Kota Banjarmasin, hingga hari Sabtu  sudah 70 persen data masuk di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota setempat.

Ketua KPU Kota Banjarmasin Gusti Makmur mengatakan, di lima kecamatan yang ada, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masih bekerja keras melakukan rekapitulasi.

"Proses rekap manual ini tentu tidak mudah, ada 1.879 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang harus dikumpulkan datanya secara teliti dan hati-hati," jelasnya.

Pada Pemilu 17 April 2019 lalu, tercatat 447.085 orang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di kota berjuluk Kota Seribu Sungai itu.

Gusti berharap, masyarakat bisa dengan sabar menunggu rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilakukan di kecamatan, dan nanti diteruskan rekapitulasi tingkat kota, provinsi dan terakhir secara nasional.

"Berikan kepercayaan kepada kami untuk menyelesaikan rekapitulasi. Kami sebagai penyelenggara pemilu dibantu Bawaslu sebagai pengawas pemilu dan saksi dari pilpres, partai dan saksi DPD akan bersikap transparan dan profesional sesuai dengan aturan perundang-undangan pemilu," tandas pria yang baru saja dikukuhkan sebagai Ketua KPU Kota Banjarmasin periode 2019-2023 itu menggantikan Kharunnizan yang mengundurkan diri.

Gusti pun meminta semua pihak untuk membantu KPU mengawal dan mengamankan proses yang kini tengah berlangsung, sehingga berjalan lancar sesuai harapan dan target penyelesaian yang sudah ditetapkan.

"Tetap semangat bagi semua kawan-kawan di PPK dan terima kasih kepada petugas KPPS yang sudah bekerja keras menyukseskan proses pemilu di TPS serta aparat TNI dan Polri yang mengamankannya tanpa kenal lelah," pungkas Gusti.

Pewarta: Firman
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019