Jakarta (ANTARA) - Berita terhangat di bidang ekonomi kemarin, mulai dari Mendag akan dipanggil KPK hingga Ibu Kota Indonesia akan dipindahkan ke luar Jawa. Berikut ini enam info ekonomi paling penting kemarin yang masih layak disimak pada hari ini.

1. KPK: Mendag memungkinkan untuk dipanggil

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan bahwa Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memungkinkan untuk dipanggil sebagai saksi kasus penerimaan gratifikasi dengan tersangka anggota Komisi VI DPR RI Bowo Sidik Pangarso (BSP).

"Bisa saja dipanggil sebagai saksi atau diminta keterangan jika memang dibutuhkan, setelah kami pelajari hasil penggeledahan," kata Febri.

Simak detailnya di sini

2. Kementerian BUMN angkat Gatot Trihargo komisaris baru Pertamina

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) secara resmi mengangkat Gatot Trihargo sebagai komisaris baru PT Pertamina (Persero).

"Kami berharap dengan bergabungnya Gatot Trihargo menjadi anggota dewan komisaris Pertamina, semakin memperkuat soliditas antara dewan komisaris, direksi hingga seluruh manajemen Pertamina ke depannya," kata Tanri Abeng.

Simak detailnya di sini

3. Tanggapi laporan keuangan Garuda, Menhub: Kami tunggu klarifikasinya

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menunggu klarifikasi terkait laporan keuangan maskapai Garuda Indonesia tahun 2018.

"Kami menunggu klarifikasi itu, kami harapkan klarifikasi itu memberikan suatu rekomendasi bagi suatu pengakuan pendapatan atau selanjutnya. Yang penting bagi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) adalah kita memastikan bahwa sustainabilitydari pada maskapai ini atau kelangsungan operasi daripada Garuda itu berjalan lebih baik," ujar Menhub Budi Karya.

Simak detailnya di sini

4. Menhub minta pilot Garuda tahan diri terkait ajakan mogok yang hoax

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi minta para pilot Garuda untuk menahan diri terkait surat ajakan mogok yang ternyata merupakan hoax alias tidak benar.

"Saya pikir berikanlah kasus ini kepada pihak yang berwenang, kita yakin di Indonesia ini para pihak itu cukup profesional untuk menyelesaikan masalah. Jadi saya minta kepada para pilot untuk menahan diri. Serahkan kepada yang berwenang yang ahli dalam bidangnya," ujar Menhub.

Simak detailnya di sini

5. Menhub tugaskan Dirjen Hubud komunikasi dengan maskapai

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menugaskan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti untuk berkomunikasi secara intens dengan maskapai-maskapai agar memberlakukan tarif penerbangan yang terjangkau.

"Saya akan secara intens menugaskan dirjen perhubungan udara (Hubud) untuk berkomunikasi dengan Garuda serta maskapai-maskapai lainnya agar tarif-tarif yang terjangkau itu juga menjadi bagian yang bisa disediakan, sehingga bukan untuk yang kalangan mampu saja tetapi bagi mereka yang memiliki keuangan pas-pasan, individu yang rutin pulang-pergi ke suatu tempat atau mereka yang mudik itu bisa mendapatkannya," ujar Menhub Budi Karya.

Simak detailnya di sini

6. Meski kelak ibu kota pindah, Jakarta akan tetap sebagai pusat bisnis

Provinsi DKI Jakarta akan tetap berperan sebagai kota pusat bisnis di tengah rencana pemindahan ibu kota pemerintahan ke kawasan di luar Pulau Jawa.

"Hal-hal yang menyangkut perdagangan, investasi, dan perbankan masih tetap di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan usai mengikuti rapat terbatas bertopik Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden.

Simak detailnya di sini

Baca juga: Kemarin, 5 tol baru fungsional Lebaran sampai tak akan ada impor beras

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019