Di antara masalah yang akan dibahas pada pertemuan tersebut adalah pariwisata berkelanjutan dan potensinya untuk mendorong upaya pembangunan nasional dan regional
Nadi, Fiji (ANTARA) - Pertemuan tahunan ke-52 Dewan Gubernur Bank Pembangunan Asia (ADB) dimulai di Nadi, Fiji, Rabu, dengan peserta para menteri keuangan, gubernur bank sentral, pejabat pemerintah, perwakilan sektor swasta, mitra pembangunan dan media dari wilayah Asia dan Pasifik.

Tema untuk acara lima hari ini adalah "Kemakmuran Melalui Persatuan." Di antara masalah yang akan dibahas pada pertemuan tersebut adalah pariwisata berkelanjutan dan potensinya untuk mendorong upaya pembangunan nasional dan regional, peran pembiayaan sektor swasta untuk manajemen risiko bencana dan ketahanan iklim, serta pentingnya tindakan untuk meningkatkan kesehatan laut.

Juga akan ada diskusi tentang cara untuk menanggapi meningkatnya ketidakpastian ekonomi global, peran teknologi digital untuk inklusi keuangan, dan alat-alat baru untuk pengembangan infrastruktur berkelanjutan, di antara yang lainnya.

Fiji adalah negara kepulauan Pasifik pertama yang menjadi tuan rumah konferensi tersebut dan ini memberikan para peserta kesempatan untuk membahas masalah-masalah pembangunan penting dan mendesak yang dihadapi kawasan Asia dan Pasifik.

Lebih dari 400 petugas kepolisian Fiji telah dikerahkan untuk memastikan keselamatan dan keamanan lebih dari 2.000 delegasi yang menghadiri pertemuan tersebut.

Baca juga: ADB biayai pembangkit listrik turbin gas terbesar di Indonesia

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019