Ke depan, bendungan ini juga bagus sebagai tempat wisata
Karanganyar (ANTARA) - Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi meresmikan Bendungan Gondang yang berada di Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Pantauan di lapangan di Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis, Presiden Jokowi sampai di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB didampingi oleh Iriana Joko Widodo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basoeki Hadimoeldjono.

Selain itu, terlihat juga mendampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Bupati Karanganyar Juliyatmono, dan Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Pada sambutannya, Jokowi berharap agar Bendungan Gondang mampu mengairi sawah, menjadi pembangkit listrik, dan memenuhi kebutuhan air baku di dua daerah, yaitu Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen.

"Ke depan, bendungan ini juga bagus sebagai tempat wisata," kata Presiden Jokowi.

Untuk pengairan lahan, lanjut dia, bendungan yang mampu menampung air sebanyak 9 juta meter kubik  ini mampu mengairi sawah seluas 4.680 hektare, baik di Karanganyar maupun Sragen.

Ia berharap dengan manfaat yang diberikan, ke depan Bendungan Gondang dapat memberikan dampak dan manfaat bagi ekonomi di dua kabupaten tersebut.

"Dengan ini, saya nyatakan bendungan diresmikan," kata Presiden Jokowi.

Usai meresmikan bendungan, Presiden Jokowi beserta rombongan terlihat meninggalkan lokasi acara sekitar pukul 11.00 WIB.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019