Jakarta (ANTARA) - BTN CLS Knights Indonesia berhasil memetik kemenangan dengan skor nyaman 86-67 atas Singapore Slingers dalam gim pertama final ABL di OCBC Arena, Singapura, Jumat malam.

CLS yang tampil sangat efektif berhasil meraup modal penting jelang gim kedua yang bakal kembali digelar di OCBC Arena pada Minggu (5/5), demikian catatan laman resmi ABL.

Hasil itu sekaligus mematahkan rekor buruk CLS yang dalam dua laga tandang playoff sebelumnya selalu menelan kekalahan.

Baca juga: CLS belum teruji menangi laga tandang playoff

Mantan bintang Slingers yang kini membela CLS, Wong Wei Long, tak ambil bagian dalam gim pertama ini dan hanya menyaksikan laga dari tepi lapangan. Pelipis kiri Wei Long yang robek di gim ketiga semifinal lawan Mono Vampire Basketball pada Minggu (28/4) kemarin masih terlihat dibalut perban.

Center Darryl Watkins jadi bintang kemenangan CLS dengan catatan dwiganda 23 poin dan 12 rebound, dibantu raihan 24 poin dan delapan rebound milik Maxie Esho, 17 poin, enam rebound dan enam assist Douglas Herring serta 15 poin, enam rebound dan lima assist Brandon Jawato.

Sebaliknya bagi tuan rumah John Fields memimpin lewat koleksi dwiganda 19 poin dan 13 rebound namun ia membuat timnya menderita tujuh turnover. Xavier Alexander mencetak 19 poin dan Delvin Goh 13 poin.

CLS tampil menekan sejak lemparan mula dan berhasil unggul 20-16 saat tembakan tripoin Herring menutup kuarter pertama.

Slingers sempat bangkit dan berbalik unggul ketika tembakan tripoin Alexander melesak di sisa waktu enam menit 37 detik kuarter kedua.

Namun sejak itu kedua tim bergantian memimpin, hingga akhirnya CLS memperoleh tiga kesempatan lemparan bebas yang berhasil dimanfaatkan Herring untuk membawa timnya tetap unggul 38-37 kala paruh pertama berakhir.

CLS tampil begitu efektif dengan meraup 25 poin kuarter ketiga demi memperoleh keunggulan tegas 63-50 atas tuan rumah.

Tim tamu terus melesat dan meraup rentetan poin 13-8 demi memperlebar jarak keunggulan 76-58, memaksa pelatih Slingers Neo Ben Siang meminta waktu tenggat di sisa waktu empat menit 32 detik pertandingan.

Pun demikian, CLS tetap tampil tenang menjaga keunggulan mereka bahkan memperlebarnya lebih jauh demi menutup laga dengan kemenangan cukup nyaman berjarak 19 poin dalam kedudukan akhir 86-67 atas Slingers.

Baca juga: CLS lolos ke final

Baca juga: Slingers ke final usai menang dua gim langsung atas Eastern

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019