Meulaboh, Aceh (ANTARA) - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, menjadwalkan kembali rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penghitungan perolehan suara hasil Pemilu 2019 untuk tingkat kabupaten.

Sebelumnya,  kata Pelaksana Harian (Plh.) Ketua KIP Aceh Barat Sabki Mustafa Habli di Meulaboh, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara hasil pemilu dengan menuntaskan pleno suara dari 11 panitia pemilihan kecamatan (PPK).

"Tinggal tersisa PPK Johan Pahlawan dan rencananya besok (Sabtu) akan dilaksanakan kembali rapat pleno terbuka dengan mengundang semua pihak terkait," katanya.

Rapat pleno rekapitulasi suara dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 2 Mei 2019 terhenti karena menanti data terakhir dari PPK Johan Pahlawan. Setelah semua data masuk, pihaknya menggelar kembali pleno terbuka sekaligus mengumumkan semua hasil.

Salah satu faktor yang menyebabkan terlambatnya rekapitulasi di tingkat kecamatan, menurut dia, karena banyaknya surat suara. Pasalnya, kecamatan itu cukup banyak tempat pemungutan suara (TPS), ditambahkan lagi Ketua PPK Johan Pahlawan dirawat karena jatuh sakit.

Pada repat pleno lanjutan tersebut, kata Sabki, sekalian mengumumkan semua hasil perolehan suara secara menyeluruh di tingkat Kabupaten Aceh Barat, baik untuk suara pilpres, DPR RI, DPD RI, DPRA, maupun DPRK Aceh Barat.

"Sebelum semua suara diplenokan, kami belum bisa menyimpulkan perolehan suara secara akurat walaupun untuk pelaporan data ke Situng KPU telah diinput sejak pemilihan selesai," jelasnya.

Dalam surat undangan yang telah dibagikan kepada awak media di Aceh Barat, rapat pleno terbuka dilaksanakan di tempat yang sama, yakni Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat.

Rapat yang dijadwalkan mulai pukul 09.00 WIB itu, pihaknya mengundang saksi yang menerima mandat dari pasangan calon atau tim kampanye tingkat kabupaten, kemudian menghadirkan saksi dua orang untuk mengikuti rapat tersebut.

Pewarta: Anwar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019