Biak (ANTARA) - PT Pelni Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiapkan empat unit kapal untuk melayani angkutan penumpang mudik lebaran hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Pelayanan Pelni khusus lebaran ada ekstra trayek pelayaran kapal, ya karena saat memasuki libur lebaran arus mudik penumpang akan meningkat,"ungkap Kepala PT Pelni cabang Biak Bambang Budiyono, di Biak, Jumat.

Bambang mengatakan, empat kapal angkutan layanan mudik lebaran yakni dua kapal reguler pelayanan Pelni terdiri KM Ciremai dan KM Sinabung serta kapal tambahan angkutan lebaran KM Dobonsolo dan KM Tidar.

Untuk layanan rute KM Tidar berangkat 24 Mei 2019 hari Jumat jam 11.00 WIT dari Serui ke Biak dan berangkat jam 13.00 WIT tujuan Biak-Manokwari-Sorong pulang pergi.

Serta KM Tidar tiba Rabu, 29 Mei jam 15.00 WIT dan berangkat jam 17.00 WIT tujuan Biak-Serui-Nabire-Manokwari-Sorong-Ambon-Namlea-Baubau, Makassar dan Surabaya.

Sedangkan untuk rute KM Dobonsolo, lanjut Bambang, akan berangkat dari pelabuhan Biak tanggal 23 Mei 2019 jam 06.00 WIT dengan tujuan Biak-Manokwari-Sorong-Bacan-Ternate-Bitung-Banggai-Baubau-Makassar dan Surabaya.

Menyinggung arus penumpang mudik lebaran kapal Pelni, menurut Bambang, untuk jumlah penumpang akan meningkat saat menjelang tujuh hari sebelum hari raya.

"Saya perkirakan lonjakan arus mudik lebaran kapal pada keberangkatan kapal KM Tidar 29 Mei mendatang,"ungkap Bambang.

Pantauan ANTARA, Jumat, aktivitas pembelian tiket kapal di kantor Pelni cabang Biak Jalan Sudirman distrik Biak Kota masih terlihat normal dan lancar.

Baca juga: Pelni tambah 4 pelayaran Batam-Belawan pada Lebaran 2019
Baca juga: Pelni Sampit tidak naikkan tarif tiket mudik
Baca juga: Keterbatasan kapasitas, Pelni imbau pemudik atur waktu mudik

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019