Timika (ANTARA) - Manajemen PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Timika, Papua menyiagakan personel untuk mengantisipasi gangguan listrik menghadapi Lebaran.

Manajer PLN UP3 Timika Hotman Ambarita di Timika, Rabu, mengatakan jajarannya akan membuka posko pelayanan teknik kelistrikan di tiga tempat yaitu Kantor UP3 PLN Timika Jalan A Yani, Kantor ULP Timika Kota Jalan Hasanuddin dan Kantor ULP Timika Jaya Jalan Cenderawasih Karang Senang SP3, Distrik Kuala Kencana.

Para personel yang disiagakan pada tiga posko itu langsung merespons jika terjadi gangguan jaringan listrik pada salah satu wilayah di Kota Timika.

"Kami juga sudah melakukan survei lokasi digelarnya shalat Ied yaitu pada tujuh titik di seputaran Timika yang mencakup Lapangan Timika Indah, Masjid Al Furqan, Masjid Agung Babussalam, Masjid Al Fatah, Masjid Ar Rachman Jalan Pattimura, Masjid Al Ikhlas SP2 dan Masjid Baitulrahim Kuala Kencana. Kami akan tempatkan petugas di tujuh titik itu," kata Hotman.

Hotman menjamin suplai daya listrik di Kota Timika selama bulan Ramadhan hingga hari raya Lebaran mengingat saat ini kondisi kelistrikan di wilayah itu mengalami surplus daya.

Pada malam hari, katanya, masih ada cadangan daya sekitar 5-6 megawatt, sedangkan pada siang hari cadangan daya PLN Timika 9-10 megawatt.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, PLN siap menangani kebutuhan listrik warga hingga Lebaran dan seterusnya bahkan sampai 2020," katanya.

Menurut Hotman, beban puncak PLN Timika saat ini sekitar 24-25 megawatt, sementara daya mampu yang tersedia sebesar 30 megawatt.

Adapun jumlah pelanggan PLN UP3 Timika tercatat sebanyak 59.721 dengan panjang jaringan mencapai 260,89 kms dan gardu sebanyak 390 unit.

Selain melayani kawasan Timika dan sekitarnya, PLN UP3 Timika juga membawahi Kabupaten Asmat, Kabupaten Nduga dan Kabupaten Yahukimo.

Di Asmat, daya mampu PLN setempat sebesar 1.600 kwh dengan beban puncak sebesar 1.380 kwh (cadangan 220 kwh), sementara di Dekai (ibukota Kabupaten Yahukimo) daya mampu PLN setempat sebesar 1.440 kwh dengan beban puncak 1.190 kwh dan cadangan daya sebesar 250 kwh.

Adapun di Kenyam ibukota Kabupaten Nduga, daya mampu PLN setempat baru sekitar 50 kwh dengan beban puncak 11 kwh dan cadangan daya masih tersisa 39 kwh.

Baca juga: Proyek PLTMG Timika siap beroperasi 2020

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019