Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Polda Bengkulu sudah mengakomodir sebanyak 23 objek wisata di daerah ini dan beberapa bagian di antaranya sudah mengajukan izin keramaian.
Mukomuko (ANTARA) - Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Polda Bengkulu akan menerjunkan puluhan anggota untuk menjaga keamanan sejumlah objek wisata pantai dan danau yang mengadakan kegiatan hiburan rakyat saat libur lebaran tahun ini. “Kami akan terjunkan tidak hanya anggota polisi, tetapi juga ada gabungan TNI, polisi dan instansi terkait untuk menjaga keamanan sejumlah objek wisata di daerah ini,” kata Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko AKBP Yayat Ruhiyat di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan hal itu usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2019 dalam rangka pengecekan peralatan dan personel yang akan bertugas dalam pengamanan mudik lebaran di halaman Markas Kepolisian Resor setempat.

Apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2019 ini melibatkan sejumlah personel polisi, TNI, personel Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, personel bidang perhubungan dan petugas kesehatan.

Untuk Kabupaten Mukomuko, ia menyatakan, institusinya sudah mengakomodir sebanyak 23 objek wisata di daerah ini dan beberapa bagian di antaranya sudah mengajukan izin keramaian.

Ia menyatakan, kepolisian resor setempat tidak hanya menerjunkan puluhan anggota dan gabungan TNI dan instansi terkait untuk menjaga keamanan objek wisata, bahkan ada pos polisi mobile.

Dengan adanya pos polisi mobile, katanya, disitulah institusinya menurunkan kendaraan dan personel untuk menjaga keamanan objek wisata yang mengadakan kegiatan yang melibatkan orang banyak.

Selain itu, ia mengatakan, dari hasil rapat koordinasi (Rakor) dengan pemerintah setempat, TNI dan instansi terkait lainnya di daerah ini kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.

Tim gabungan TNI dan polisi memberikan jaminan keamanan bagi pengunjung objek wisata di daerah ini lalu Dinas Kesehatan memberikan jaminan kesehatan bagi pengunjung.

“Dimana ada TNI dan polisi disitu petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan yang bertugas memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di objek wisata,” ujarnya pula.

Baca juga: Mukomuko tambah pos pantau arus mudik di perbatasan

Baca juga: Remaja Mukomuko diimbau tak balapan liar


Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019