Bandarlampungi (ANTARA) - Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) pada H-5 arus mudik Lebaran 2019 ataupun lima hari sebelum hari raya Idul Fitri 1440 H, Jumat mulai ramai dilalui pemudik dari arah Pelabuhan Bakauheni.

Berdasarkan pantauan ANTARA, meski ramai dilalui pemudik dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, arus lalu lintas pada Jalinsum terbilang lancar tanpa hambatan.

Pemudik yang melintasi Jalinsum pada umumnya berasal dari Jakarta dan Banten dan kebanyakan dari pemudik yang melalui Jalinsum tersebut yakni kendaraan roda dua.

Sementara itu kondisi jalanan di Jalinsum ruas Panjang hingga Tarahan Provinsi Lampung terbilang mulus dengan sedikit bergelombang namun pada ruas Tarahan hingga Sidomulyo jalanan sedikit banyak tambalan aspal yang agak tinggi sehingga pemudik dengan kendaraan roda dua wajib berhati-hati saat melintasi jalan tersebut.

Pada titik tertentu di Jalinsum Ruas panjang, Tarahan dan Sidomulyo juga terdapat posko-posko pemudik yang dibuat oleh pemda setempat maupun ormas kemasyarakatan Lampung.

Selain itu terlihat juga banyak bermunculan warung-warung dadakan yang menyediakan makanan, minuman dan tempat untuk beristirahat bagi para pemudik sebelum melanjutkan perjalanannya.

Seperti salah satu pemudik Wanto (36) yang sedang beristirahat menghilangkan capek sejenak bersama keluarganya di warung kopi sebelum melanjutkan perjalananya ke Kota Metro.

Dia bersama beberapa kawanya yang mudik beristirahat terlebih dahulu untuk menyiapkan tenaga anak dan istrinya lalu melanjutkan perjalanan mudiknya.

"Kami tadi pagi berangkat dari Jakarta Alhamdulillah lancar, belum terkena macet namun di pelabuhan sudah banyak pemudik yang turun tadi," kata dia.

Di sisi lain arus lalu lintas juga terlihat lancar pada Gerbang Sidomulyo Lampung Selatan.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019