Lhokseumawe, Aceh (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, menyiapkan sukarelawan dan ambulans untuk mendukung kelancaran aktivitas mudik dan arus balik di wilayah setempat dan sekitarnya.

"Pelayanan ini sebagai upaya mendukung kegiatan arus mudik dan balik yang ada di sepanjang jalur mudik di Kota Lhokseumawe dan sekitarnya. Misalnya, menyiapkan tenaga sukarelawan dan juga ambulans apabila sewaktu-waktu diperlukan,” ungkap Junaidi Yahya ketua PMI Kota Lhokseumawe, Jumat.

Untuk kebutuhan mobil ambulans, pihaknya tetap stanbay 24 jam, baik di markas PMI Lhokseumawe maupun di pos pelayanan mudik Lhokseumawe. Apabila ada yang membutuhkan ambulans, siap dioperasikan, termasuk mengantar pasien ke luar daerah.

“Apabila membutuhkan pertolongan pertama dan layanan ambulans, bisa segera menghubungi layanan PMI Kota Lhokseumawe pada nomor telepon 0852-6229-7181. Bahkan, apabila ada pasien yang harus diantar ke luar daerah, PMI Lhokseumawe juga siap melayani,” ujar Junaidi Yahya.

Agar dapat memberikan akses pertolongan lebih cepat di wilayah yang sulit dijangkau, PMI Kota Lhokseumawe juga memobilisasi layanan pertolongan pertama bergerak (mobile) dengan menggunakan sepeda motor.

“Kami siap memberikan pelayanan kepada pemudik selama 24 jam. PMI Kota Lhokseumawe harus membantu tugas-tugas pemerintah dan instansi terkait lainnya, salah satunya dalam hal pelayanan kesehatan pemudik,” tutur Junaidi Yahya.

Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan kepada pemudik yang melintasi jalur mudik di wilayah Lhokseumawe dan sekitarnya apabila mengalami kecelakaan atau hal lain yang membutuhkan penanganan medis segera, dapat menghubungi PMI Kota Lhokseumawe pada nomor 0852-6229-7181.

Pewarta: Mukhlis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019