Jayapura (ANTARA) - Pelatih Persipura Jayapura Luciano Gomes Leandro mengakui jika skuat asuhannya banyak menciptakan peluang tetapi minim gol, sehingga laga menjamu PSS Sleman hanya berakhir imbang 1-1.

Hasil tersebut jauh dari harapan dan target tiga poin dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 Indonesia di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Papua, Jumat malam.

"Semua bisa lihat laga tadi, tim Persipura usaha terus cetak gol dan ada banyak peluang,  tapi bola tidak masuk. Kita punya banyak peluang untuk memenangkan laga tadi, tapi tidak bisa," katanya dalam sesi jumpa pers di Stadion Mandala, Kota Jayapura.

Menurut dia, selain usaha dari para pemain untuk menciptakan peluang gol, tim tamu PSS Sleman juga bermain bertahan dan sesekali menyerang dengan baik, bahkan merepotkan pertahanan tim berjuluk Mutiara Hitam.

"Tim lawan juga main cukup bagus dan mereka ke sini untuk dapatkan satu poin. Saya selalu bicara dengan pemain, kita harus lebih kerja keras, kalau tidak dapat menang hari ini kita harus lebih kerja keras lagi, mudah-mudahan ke depan kita bisa lebih bagus daripada hari ini dan menang," katanya.

Mengenai peran penyerang asing Mamadou Samassa yang dinilai belum maksmial, Luciano mengakui pemain itu masih belum fit dan diberikan instruksi untuk bisa menarik bek lawan agar pemain lainnya bisa lebih berkreasi dan ciptakan peluang. Hal itu terbukti, hanya belum bisa dikonversi jadi gol.

"Kita memanfaatkan kepiawaian Samassa untuk merepotkan dua bek lawan dan itu berhasil. Memang saat dia hadir bersama tim kondisi fisiknya belum bugar, tetapi tadi bermain 90 menit itu sudah luar biasa dan pemain lain bisa ciptakan peluang hanya belum gol," katanya.

Ketika ditanya mengapa Ian Loius Kabes dan Imanuel Wanggai baru diturunkan pada babak kedua, pelatih asal Brazil itu menjelaskan para pemain di Persipura punya kemampuan yang hampir merata sehingga siapapun yang diturunkan merupakan bagian dari taktik dan strategi tim.

"Dua pemain itu bagus, seperti Conte dan Kevin hanya saja ketika mereka berdua dinilai menurun saya masukkan Ian dan Wanggai untuk lebih menopang tim, ini hanya pilihan," kata Luciano.

Dalam laga yang dipimpin oleh wasit Hamim Tohari asal Jawa Timur, tim Persipura Jayapura ditahan imbang 1-1 oleh PSS Sleman.

Gol tim kebanggaan warga Kota Jayapura dan Papua itu dicetak oleh Titus Bonay pada menit 16 lewat titik putih.

Titus yang merupakan eksekutor penalti, memang disiapkan oleh pelatih Luciano Gomes Leandro dan berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga timnya bisa unggul lebih dulu hingga turun minum babak pertama.

Sementara gol balasan sekaligus penyeimbang oleh Laskar Sembada julukan PSS Sleman dicetak oleh pemain asing Yevhen Bokhashvili pada menit ke-73.

Dengan hasil ini dipastikan tim Persipura Jayapura masih berkutat di papan bawah dengan dua poin, dari sekali kalah dan dua kali imbang, sedangkan PSS Sleman tetap bertahan di papan tengah dengan poin lima dari sekali menang, dua kali imbang.
 

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019