Seluruh kamar di Pantai Papuma sudah penuh, bahkan ada wisatawan yang rela membuat tenda di camping ground karena ingin bermalam di Papuma, katanya
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Ribuan wisatawan memadati Pantai Pasir Putih Malikan (Papuma) yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, selama libur Lebaran 2019.

"Puncak kunjungan wisatawan di Pantai Papuma pada libur Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah diprediksi hari ini dan besok," kata Senior Duty Manager Wisata Papuma, Suharno, di Jember, Sabtu.

Menurutnya, peningkatan kunjungan wisatawan sudah terjadi sejak Kamis (6/6) dengan jumlah pengunjung sekitar 2.000 orang dan terus mengalami peningkatan hingga akhir libur Lebaran.

"Hari ini kunjungan wisatawan mencapai 5.000 orang dan mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama pada Lebaran tahun lalu," tuturnya.

Pantai Papuma yang dikelola Perhutani tersebut masih tetap menjadi destinasi wisata favorit di Kabupaten Jember selama libur Lebaran.

"Seluruh kamar di Pantai Papuma sudah penuh, bahkan ada wisatawan yang rela membuat tenda di camping ground karena ingin bermalam di Papuma," katanya.

Ia mengatakan, pihak pengelola terus memperbaiki fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang objek wisata pantai laut selatan yang berada di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember tersebut.

"Kami memiliki wahana baru di Pantai Papuma, yakni 'selfi deck' di Siti Hinggil sebagai spot swafoto yang menarik, sehingga wisatawan dibuat senyaman mungkin untuk melihat keindahan Samudera Hindia," ujarnya.

Ia mengimbau kepada wisatawan untuk tidak berenang di perairan laut selatan, sehingga petugas disiagakan di sepanjang bibir pantai.

"Petugas selalu memantau wisatawan di tepi Pantai Papuma dan kami imbau wisatawan tetap waspada untuk menjaga anak-anaknya saat bermain air di Pantai Papuma," katanya.

Sementara salah seorang wisatawan asal Sidoarjo Aliya Puspita mengaku senang berkunjung ke Pantai Papuma Jember karena keindahannya yang sangat menawan dan suasananya masih sangat sejuk dibandingkan pantai lainnya.

"Setiap tahun saat silaturahmi ke Jember, kami sekeluarga selalu mampir ke Papuma," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019