Kendari (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr Lukman Abunawas mengapresiasi kehadiran aparatur sipil negara (ASN) yang sudah masuk kantor pascalibur Lebaran Idul Fitri 1440 hijriah yang sudah mencapai 92 persen.

"Ini luar biasa, kehadiran ASN yang sudah masuk kerja hari mencapai antara 90-92 persen. Sepanjang saya bertugas di Lingkup Provinsi, baru kali ini antusiasme ASN masuk kerja cukup tinggi," kata wagub Sultra saat memimpin apel bersama di kantor gubernur Sultra, Senin.

Ia mengatakan, kehadiran ASN masuk kantor pascalibur panjang Idul Fitri, karena selain imbuan dari Kemenpan-RB terkait disiplin pegawai, juga ancaman bagi setiap pegawai yang menambah libur akan diberi sanksi sesuai dengan aturan yang ada.

"Bila ada pegawai yang hari ini tidak masuk kerja dengan alasan yang tidak jelas, maka jelas akan diberi sanksi. Kecuali bila yang bersangkutan alami sakit maka masih ada toleransi bagi ASN," ujar Lukman.

Pihaknya juga bersama Plt Sekda, BKD, Biro Organisasi dan Biro Hukum, akan melakukan sidak di masing-masing SKPD untuk lebih memastikan bahwa kehadiran ASN hari ini benar-benar sudah di atas 90 persen yang sudah masuk kerja yang ditandai dengan absensi.

Mantan Bupati Konawe dua periode itu mengatakan, disiplin pegawai dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat adalah dambaan bagi terciptanya kerja ASN yang ke depan lebih baik lagi.

Menurut Lukman Abunawas, apel bersama kali ini dianggap paling istimewa dan keceriaan tersendiri, karena hampir seluru panitia pelaksana upacara mulai dari komandan upacara, pengibar bendera merah putih, pembaca teks korpri, pembaca pembukaan UUD 1945 adalah perempuan.

"Ini sangat luar biasa upacara hari ini, membawa nuansa kesejukan tersendiri, karena seluruh panitia yang terlibat di dalamnya adalah perempuan," kata wagub Sultra.
Suasana apel bersama yang dipimpin Wagub Sultra Lukman Abunawas di lapangan upacara kantor gubernur pasca libur panjang lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.
Wagub Sultra Dr Lukman Abunawas saat memberi keterangan terkait kehadiran ASN masuk kerja paca libur panjang lebaran Idul Fitri 1440 hijriah. di kantor gubernur,Senin. (foto ANTARA/ Azis Senong)
Senin. (foto ANTARA/ Azis Senong)

Usai upacara apel bersama, para ASN memanfaatkan dengan salam-salaman untuk bermaaf-maafan, apalagi sejak Lebaran banyak di antara mereka yang baru bertemu, termasuk dengan wakil gubernur Sultra. Suasana seolah-olah halalbihalal terlihat penuh kebahagiaan.

"Masih dalam suasana Idul Fitri, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada kita semua yang merayakan, semoga semua ibadah yang kita laksanakan selama Ramadhan menjadi berkah bagi kita semua dan menjadikan kita insan yang lebih baik untuk ke depannya," kata Wagub Sultra.

Lukman Abunawas juga menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya jika ia pernah ada kesalahan, baik sebagai individu maupun dalam kaitan dengan amanah yang diembannya.***3***


 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019