Samarinda (ANTARA) - Telkomsel cabang Kota Samarinda, Kalimantan Timur turut memberikan kepedulian kepada masyarakat korban musibah banjir di kota Samarinda dengan menjaga layanan komunikasi dan sejumlah bantuan sosial.

General Manager Consumer Sales Region Kalimantan Ismu Widodo kepada awak media di Samarinda, Selasa, mengatakan pihaknya telah menyiagakan alat pendukung untuk menjaga kualitas layanan tetap lancar baik saat banjir melanda maupun pascabencana banjir.

"Team network kamj tetap bersiaga di masing-masing lokasi kerja untuk segera menyiagakan mobile backup power yang difungsikan sebagai catuan daya listrik cadangan untuk mem-back up BTS yang down karena berkurangnya catuan listrik di daerah terkena banjir," jelasnya.

Untuk memudahkan dan membantu akses komunikasi pelanggan, Telkomsel menghadirkan Posko Telkomsel Peduli Bencana yang memberikan layanan telepon gratis di beberapa titik di Samarinda yaitu Posko BPBD Bengkuring dan Posko BPBD Perumahan Griya Mukti.

"Selain telepon gratis juga diberikan potongan 50% tiap pembelian pulsa dan paket data di posko tersebut," imbuhnya.
 

Menurut Ismu Widodo keberadaan posko tersebut diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan layanan komunikasi kepada para pengungsi dan korban bencana."

Kami telah menyiagakan mobile genset sebagai cadangan catu daya terutama untuk site kami yang memiliki potensi pemadaman listrik untuk waktu yang lama, agar layanan kepada pelanggan tetap terjaga," katanya.

Mobilisasi catuan daya listrik cadangan dilakukan dengan cepat, walau terkendala dengan akses ke beberapa lokasi yang terbatas karena terendam banjir.

Tidak hanya menyiagakan back up power, Telkomsel juga melakukan monitoring terhadap Base Transceiver Station (BTS) yang meng-cover wilayah terdampak banjir dan BTS yang meng-cover posko-posko pengungsian agar layanan telekomunikasi tetap berjalan dengan normal, baik itu layanan telepon, SMS, dan internetan.

Selain memastikan kondisi jaringan layanan kepada pelanggan tetap berjalan normal, Telkomsel pun melakukan kegiatan peduli dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang didistribusikan secara langsung ke beberapa titik posko pengungsian baik di Sidrap, Samarinda, dan Konawe.

"Bantuan yang diberikan berupa makanan siap saji seperti beras, mie instan, roti kaleng, kebutuhan mandi, minuman, termasuk kebutuhan sandang seperti popok bayi serta kebutuhan lainnya yang sebelumnya telah dikoordinasikan dengan pihak terkait," tutur Ismu.

Baca juga: Dompet Dhuafa kerahkan tim bantu korban banjir di Konawe
Baca juga: Warga Andadowi Konawe fungsikan rakit seberangkan mobil
Baca juga: BMKG peringatkan cuaca ekstrem di tiga daerah di Kalsel


Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019