Jakarta (ANTARA) - Persija sudah mendapatkan pelatih baru, yaitu Julio Banuelos dan racikan pelatih asal Spanyol itu bakal diuji saat tim yang berjuluk Macan Kemayoran itu tandang ke markas Persela di Lamongan, Sabtu (22/6) dalam lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019.

Bahkan, Julio Banuelos dan asistennya Eduardo Perez mengaku tidak banyak mengalami kendala saat menggantikan posisi Ivan Kolev yang mengundurkan diri pasca-hasil kurang memuaskan di awal kompetisi tertinggi di Tanah Air itu.

“Kami sudah tahu semuanya, jadi tak butuh adaptasi dan siap bekerja di sini. Buat kami ini adalah kebanggaan bisa kembali ke sini,” kata asisten pelatih Persija, Eduardo Perez dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Harus diakui, Julio dan tim pelatih lainnya tidak memiliki waktu banyak untuk menyiapkan tim. Namun, berbekal pengalaman saat melatih timnas Indonesia bersama Luis Milla, dinilai bakal cepat mendapatkan solusi yang tepat untuk membangun tim yang kuat.

“Saya rasa untuk para pemain, kita sangat senang ya ketika membicarakan para pemain, karena dari hari pertama kita siap dengan apa yang Julio inginkan dan kita juga sangat senang dengan performa para pemain,” kata mantan pelatih kiper timnas Indonesia itu.

Edu pun optimistis tim Persija Jakarta akan dalam kondisi siap tempur saat Liga 1 2019 bergulir kembali. “Saya optimistis untuk setiap latihan bersama mereka, baik latihan hari ini dan saya optimistis juga buat besok karena saya dan Julio sangat positif, profesional dan tentu saja kita optimistis,” kata pria asal Spanyol itu.

Metode latihan yang dibawa oleh Julio Banuelos menurut salah satu pemain Persija, Sandi Darma Sute dinilai banyak perbedaan dibandingkan pelatih sebelumnya, salah satunya adalah pemain banyak berinteraksi dengan bola, dimana pemain dituntut bermain dengan baik dalam penguasaan bola dan passing yang akurat.

“Latihan dengan Julio sangat bagus dan sangat berbeda dengan sebelumnya. Banyak pola latihan yang berubah, Julio berikan latihan dimana kami sering bermain dengan bola,” katanya.

Meski berbeda dibandingkan pelatih sebelumnya, Sandi Sute mengaku tidak menemui hambatan saat menjalaninya. Salah satu alasannya karena sebelum latihan tim pelatih menjelaskan menu latihan yang akan dijalani oleh pemain.

“Kami diberikan contoh melalui video terkait apa saja yang akan dilakukan sebelum latihan. Ini mempermudah pemain karena pemain punya gambaran sebelum menjalani latihan apalagi penjelasannya juga sangat baik,” katanya menambahkan.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019