counter

Anti Hoax

Hoaks, surat edaran KPK untuk pengelola hotel

Hoaks, surat edaran KPK untuk pengelola hotel

KPK (istimewa)

Jakarta (ATARA/JACX) - Melalui pesan berantai di media sosial beredar unggahan tentang surat edaran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada seluruh pengelola Hotel di Indonesia tentang uang kembalian kegiatan atau acara kementerian atau lembaga negara di Hotel.

Dalam surat yang memuat tandatangan Ketua KPK Agus Rahardjo tersebut disampaikan agar pengelola hotel tidak melayani permintaan pengembalian dana kegiatan rapat baik di kementerian dan dinas di seluruh hotel di Indonesia.

Pada point lainnya di surat itu disebutkan permintaan uang kembali yang diambil dari selisih antara Pagu Anggaran kegiatan dan harga negosiasi dengan mengatasnamakan institusi kementerian atau dinas adalah perbuatan terlarang dan dapat berimplikasi pada tindak pidana korupsi.

Klaim  : KPK mengeluarkan surat edaran bagi pengelola hotel untuk menolak pengembalian dana kegiatan kementerian maupun dinas
Rating : Salah/Disinformasi

Penjelasan
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui akun twitter resminya menyampaikan bahwa KPK tidak pernah mengeluarkan surat edaran tersebut.  KPK meminta agar masyarakat berhati-hati dan selalu mencek kebenaran semua informasi yang meragukan mengenai imbauan atau hal lain terkait  KPK melalui call centre KPK 198.

Cek fakta  :  https://twitter.com/KPK_RI/status

 
Tangkapan layar klarifikasi informasi hoaks oleh KPK melalui akun twitter resmi.

KPK ajak pelajar Situbondo perangi korupsi sejak dini

Pewarta: Tim JACX
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar